Anggota MPR RI Irwan Zulfikar RDP Empat Pilar di Takalar

SUARAINDONEWS.COM, Takalar-Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional Irwan Zulfikar menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan sejumlah masyarakat di Kota Takalar. Dalam RDP tersebut, Irwan menegaskan pentingnya smeua pihak untuk merawat, melestarikan serta mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara. Keempat pilar tersebut yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Empat pilar sebenarnya tidak berhenti pada diskusi dan pembicaraan atau retorika semata. Namun, nilai-nilai yang terkandung mesti dapat diamalkan dan ditransformasikan dalam kehidupan nyata di lingkungan masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan,” kata Irwan Zulfikar di kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Minggu (20/1/2019).

Irwan Zulfikar menegaskan keberadaan empat pilar terbukti telah ampuh menjaga keutuhan dan stabilitas bangsa dan negara. Padahal, bangsa Indonesia dihuni oleh ragam suka bangsa dan agama, namun tidak tercerai berai oleh karena perbedaan tersebut.

“Nilai-nilai toleransi, kebersamaan dan tenggang rasa memperkuat persaudaraan dan kesatuan bangsa. Itu sebabnya, mereka yang coba merongrong keberadaan empat pilar tersebut, berarti merupakan orang yang ingin merongrong bangsa Indonesia,” jelas Irwan.

Irwan menyatakan seluruh komponen bangsa tanpa terkecuali harus dapat mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Empat Pilar Kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Keempat pilar yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika harus tertanam dalam diri dan sanubari.

Salah satu implementasi pengamalan dari nilai Empat Pilar Kebangsaan itu adalah tulus berjuang demi kepentingan rakyat. Bagi yang sedang mendapat kepercayaan rakyat, baik di eksekutif, yudikatif maupun legislatif haruslah memegang teguh amanat tersebut.

“Pegang teguh amanat rakyat, jangan menghianatinya, salah satunya dengan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Empat Pilar Kebangsaan,” ujar wakil rakyat dapil Sulsel I tersebut.(Bams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *