Zacky: Ada yang Sok Pintar dan Tak Beretika

Fitria: Ini Buat Kebaikan Semua, Tidak Cuma Dawiyah

SUARAINDONEWS.COM, Jakarta-Babak baru di sidang kedua Dawiyah, puteri Elvie Sukaesih di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (26/6) mencuatkan ‘konflik internal’ dan ‘etika berperkara’ para kuasa hukum Dawiyah saat ini. Seperti diketahui, kuasa hukum Dawiyah sejak pertama berperkara ditangani oleh Zacky Alatas, SH, MH, kini telah beralih kepada Reyno Johannes Romen SH dan Idham Indraputra SH, MH dari Uno and Partner Law Firm. Dimana hingga saat ini, dikonfirmasikan kepada Zacky Alatas, SH, MH, bahwa Dawiyah selaku Terdakwa, belum pernah mencabut kuasa hukumnya.

Dawiyah datang dengan Mobil Tahanan Kejaksaan Negeri Jakarta Timur bernomor polisi B 9085 ZQ, pada pukul 14.00 WIB, dan baru memasuki ruang sidang pukul 14.30 WIB bersama Muhammad. Sidang yang seharusnya mengagendakan Eksepsi (Keberatan) Terdakwa, oleh Majelis Hakim ditunda pekan depan (3 Juli 2018) dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi (sedikitnya ada 9 saksi, red) dari Jaksa Penuntut Umum. Hal tersebut pihak kuasa hukum Dawiyah tidak mengajukan eksepsi, sementara JPU belum mempersiapkan saksi – saksinya. Dawiyah kemudian digiring menuju ruang tahanan sementara di PN Jakarta Timur dan sempat ditemui oleh kakaknya, Wirda, puteri Elvie Sukaesih, yang juga isteri dari Zacky Alatas SH,MH.

Usai persidangan, terkait pergantian kuasa hukum bagi Dawiyah, Fitria yang juga puteri tertua Elvie Sukaesih, secara tegas menampik bahwa bukan dirinya yang berhak mengganti kuasa hukum bagi Dawiyah. Keputusan tersebut semata hasil putusan ibundanya Elvie Sukaesih dan tentunya juga, Dawiyah.

Bahkan secara tegas, Fitria mengungkapkan bahwa tak ada tekanan sama sekali untuk pergantian kuasa hukum ini. Kalau disangkakan ada yang menekan, Fitria balik bertanya siapa yang menekan. Karena putusan ini ada sama ibundanya dan juga Dawiyah. Fitria berharap ini buat kebaikan semua. Ini bukan buat kebaikan Dawiyah saja, tapi buat kebaikan semua keluarga. Sekaligus Fitria berharap nanti pada putusan Hakim, adiknya dapat diputuskan untuk di rehabilitasi sehingga bisa hidup lebih sehat dan lebih baik lagi.

Sementara di tempat terpisah, Zacky Alatas SH, MH, mengingatkan dengan tegas bahwa surat kuasa atas dirinya terkait terdakwa Dawiyah hingga kini belum pernah dicabut oleh yang bersangkutan. Bahkan tadinya dengan pengunduran dirinya menjelang Iedhul Fitri kemarin ada itikad baik ibu Elvie Sukaesih untuk menjelaskan adanya ‘persoalan internal’ atas penanganan terdakwa selama ini sudah maksimal dilakukannya.

Namun nampaknya ada seseorang yang sok pintar dan seolah paling tahu soal hukum terkait penanganan terdakwa. Sekaligus sangat disayangkannya juga, hadirnya kuasa hukum yang ‘tak beretika’ untuk mengambil alih perkara ini, yakni atas perkara yang belum dicabut surat kuasanya dari kuasa hukum terdakwa, Dawiyah. Ini jelas-jelas telah melanggar Undang Undang Advokat, tegas Zacky.

“Keterlibatannya menjadi kuasa hukum Dawiyah dan lainnya, adalah mereka yang meminta. Dan Profesi Advokat adalah Profesi Terhormat. Jangan tanpa alasan yang jelas sebagai profesional dibeginikan. Bersama Tim Kuasa Hukum saya akan mempersoalkannya ini di ranah hukum,” tutup Zacky Alatas geram.

(tjo; foto yok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *