Tiga Jabatan Strategis Kolinlamil Diserahterimakan

SUARAINDONEWS.COM, Jakarta-Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia S.Sos., memimpin acara serah terima tiga jabatan strategis Kolinlamil yakni Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena), Kepala Dinas Pemeliharaan dan Perbaikan Kapal (Kadisharkap) dan Kepala Dinas Administrasi dan Personel (Kadisminpers) Kolinlamil di Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (27/7/2016).

Pada acara serah terima jabatan tersebut, Asrena Panglima Kolinlamil dari Kolonel Laut (P) Lukman Hakim, S.E., yang akan menjabat sebagai Direktur Pendidikan (Dirdik) Kobangdikal diserahkan kepada penggantinya Kolonel Laut (P) Akmal, S.AP. yang sebelumnya pamen Mabes TNI AL, sedangkan jabatan Kadisharkap Kolinlamil dari Kolonel Laut (T) Atmudji, S.E., M.M. yang akan menempati jabatan sebagai Kepala Satuan Pemeliharaan Material wilayah timur (Kasatharmatim) Dismatal diserahkan kepada penggantinya Kolonel Laut (T) Vendri Dwi Tjahyono, S.E., M.M. yang sebelumnya menjabat Kasubdis Mattkappur di Dismatal dan penyerahan jabatan Kadisminpers Kolinlamil dari Letkol Laut (KH) Sunarto, S.T., M.A.P yang selanjutnya akan menjabat Asisten Personil (Aspers) Lantamal VI Makassar kepada Panglima Kolinlamil, sementara menunggu penggantinya.

Dalam sambutannya Pangkolinlamil mengatakan, serah terima jabatan di lingkungan TNI Angkatan Laut merupakan suatu upaya pembinaan organisasi dan personel secara utuh, sekaligus pembaharuan semangat dan penyegaran pemikiran serta inovasi terhadap tuntutan tugas yang semakin kompleks, hal ini juga terkait dengan siklus penugasan personel TNI Angkatan Laut dalam rangka meningkatkan prestasi serta pemberian kesempatan dan peluang untuk dapat mengembangkan kemampuan dan kepemimpinannya sehingga dapat mewujudkan organisasi yang responsif dan lebih dinamis terhadap perubahan dan perkembangan lingkungan strategis.

Pangkolinlamil juga menambahkan, bahwa Asrena Panglima adalah asisten yang mengemban fungsi pengendalian atas pelaksanaan program dan anggaran di Kolinlamil. Oleh karenanya perlu adanya perencanaan yang cermat dan terjadwal agar sasaran kegiatan dapat tercapai tepat waktu sesuai dengan arah yang telah ditentukan. Selain hal tersebut besarnya anggaran Kolinlamil dan kecepatan turunnya anggaran, sangat tergantung dari kinerja dan kreativitas pejabat-pejabat Kolinlamil, utamanya Asrena Pangkolinlamil dalam mengolah peluang dari Renstra TNI AL yang sedang berjalan, termasuk aktif mengikuti dan mencermati arah kebijakan pemimpin TNI AL serta koordinasi secara terus menerus dengan jajaran yang terkait khususnya komuniti Srena, sehingga peluang yang ada dapat dimanfaatkan secara optimal.

Demikian pula dengan peranan Dinas Pemeliharaan Kapal Kolinlamil di dalam struktur organisasi Kolinlamil sangat penting artinya sebagai unsur pelaksana yang bertugas membina dan melaksanakan fungsi pemeliharaan dan perbaikan KRI maupun alat apung Kolinlamil, dengan harapan tingkat kesiapan unsur Kolinlamil sewaktu-waktu dapat mampu melaksanakan tugas untuk mendukung kebutuhan operasi Angkutan Laut Militer.

Begitu juga dengan Disminpers Kolinlamil yang merupakan motor dan penggerak bagi organisasi khususnya dalam proses pembinaan personel dan pengendalian kekuatan personel baik militer maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Turut hadir dalam acara serah terima jabatan tersebut Kaskolinlamil Laksma TNI Roberth Wolter Tappangan, S.H., para Asisten Pangkolinlamil, Kasatker/Kadis, Komandan Satlinlamil Jakarta dan para perwira menengah Kolinlamil lainnya.(EKJ/Sgt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *