Si Juki Seri Jalan-Jalan Nusantara Komik Literasi Kemaritiman

SUARAINDONEWS.COM, Jakarta-Kemenko Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim) terus membumikan pengetahuan kemaritiman kepada masyarakat. Kini, bekerja sama dengan penerbit PT. Elex Media Computindo, Kemenko Maritim mengemas literasi kemaritiman dalam bentuk komik. Seri pertama komik akan bertema jalan-jalan nusantara yang mengupas pariwisata nasional bersama Si Juki.

Usai menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Direktur Percetakan dan Pendidikan PT Elex Media Computindo Wandi S. Brata, Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kemenko Bidang Kemaritiman Agung Kuswandono menyatakan harapannya agar komik ini dapat diterima publik. Bahkan sebelumnya sudah terkumpul sejumlah artikel ilmiah dari para pakar tentang isu-isu kemaritiman yang dihasilkan dari FGD, namun isu isu tersebut ingin dapat dimengerti oleh publik yang lebih luas, lanjutnya.

Sementara Sesmenko Bidang Kemaritiman Agus Purwoto yang melakukan penandatanganan MoU berharap agar kerja sama kedua belah pihak dapat membantu memberikan literasi yang mencerahkan bagi publik.

Seperti kejadian gempa bumi di Lombok, pemerintah telah merencanakan untuk melaksanakan Sail Moyo Tambora agar masyarakat dapat mengetahui seluk beluk meletusnya Gunung Tambora yang pernah menggegerkan Eropa karena menyebabkan perubahan cuaca yang ekstrim, sebagai contohnya. Dengan kata lain, Kemenko Bidang Kemaritiman ingin memberikan pengertian yang mudah tentang dampak meletusnya gunung di wilayah Sumbawa pada tahun 1815 silam itu sekaligus memperkenalkan potensi wisata di kawasan tersebut.

Sedangkan PT Elex Media Computindo menggandeng tim Si Juki yang merupakan kreator komik Si Juki yang terkenal di kalangan anak muda sekarang untuk menceritakan tentang hal-hal berkaitan dengan kemaritiman, salah satunya adalah wisata bahari, tambah Direktur Percetakan dan Pendidikan PT Elex Media Computindo Wandi S. Brata. Dan berharap tokoh Juki yang sudah terkenal lewat komik yang telah diterbitkan secara daring ( online) maupun luring ( offline) itu dapat lebih mengena di benak generasi milenial.

Bagi Faza Ibnu Ubaidillah, kreator komik Si Juki yang juga hadir dalam kesempatan itu menyatakan bahwa konten kemaritiman akan dia buat dalam konsep cerita fiksi dengan mengemasnya dalam Si Juki Seri Jalan-Jalan Nusantara. Dengan konsep tersebut, dia ingin agar anak muda dapat memahami dengan mudah tentang apa yang telah dilakukan pemerintah untuk membangun sektor pariwisata maupun infrastruktur dengan cara yang sederhana. Ditargetkan tahun ini buku sudah dapat diluncurkan, papar pria bertopi ini.

Dan lebih jauh lagi, Deputi Agung mengatakan bahwa langkah pertama, tim Si Juki akan diajak untuk berkunjung ke Labuan Bajo, dimana kita ingin ada cerita khusus tentang destinasi prioritas di Indonesia, lanjutnya. Semoga ini menambah literasi untuk publik tentang potensi kemaritiman Indonesia.

(Broinkum/MenKmar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *