Secara Virtual, Komitmen Forkopimda Sepakat Perkuat Pencegahan Narkoba

SUARAINDONEWS.COM, Depok-Dalam rangka memperingatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2020 ini, maka Pemerintah Kota Depok bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok serta Forkopimda sepakat untuk memperkuat serta mengupayakan untuk Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Komitmen tersebut disampaikan secara virtual di Depok City Operation Room (DeCOR) Balaikota Depok beberapa hari lalu.

“Artinya, selama ini pihaknya gencar melakukan koordinasi dengan BNN Depok. Berbagai langkah strategis terus dikaji agar P4GN dapat dilakukan dengan optimal. Maka, dari upaya preventif dan kuratif menjadi fokus bersama. Beberapa waktu lalu, Bapak Wali Kota Depok, Mohammad Idris mendorong terbentuknya gugus P4GN. Saat ini sedang tahap pembahasan dengan legislatif,” ujar Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna.

Dirinya menegaskan bahwa selain dukungan dari pemerintah, partisipasi dari masyarakat juga sangat dibutuhkan. Karena, masyarakat adalah sumber dari informasi serta edukasi agar peredaran narkoba dapat ditekan.

“Sesuai arahan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam Peringatan HANI tahun ini yang disampaikan secara virtual tadi, tentu kami akan semakin kompak satu tujuan memerangi Narkoba,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Kepala BNN Kota Depok, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Rusli Lubis menambahkan, bahwa walaupun situasinya masih sedang dalam pandemi Covid-19, peredaran narkoba terus meningkat. Maka, pihaknya berkomitmen memperkuat kerjasama dengan Perangkat Daerah, TNI dan Polri guna memberantas narkoba.

“Kami terus melakukan penyelesaian proses hukum terhadap kasus-kasus narkoba di Depok. Itu juga termasuk melakukan pendekatan untuk rehabilitasi kepada para korban pengguna narkoba agar bisa hidup sehat dan kembali ke masyarakat,” imbuhnya.

Diketahui bahwa dalam peringatan HANI tahun 2020 BNN bekerjasama dengan Slank, Kompas TV, Pos Kota, dan KitaBisa.com akan menggelar Konser Slank #HIDUP100% dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2020.

Menurut Kepala BNN Republik Indonesia, Heru Winarko, pandemi COVID-19 telah menggugah seluruh anak bangsa untuk berpartisipasi dan berbuat sesuatu dalam menghadapi pandemi ini, antara lain dengan diadakannya Konser Slank #HIDUP100%.

Hasil penggalangan dana dari konser ini akan didonasikan untuk penanganan dampak COVID-19. Konser ini juga dimaksudkan sebagai bagian dari peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2020.

Dalam kaitan peringatan tersebut, BNN Republik Indonesia mulai memperkenalkan tagline baru, yaitu HIDUP 100%. Pesan “HIDUP 100%” ini merupakan ajakan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih maksimal di segala unsur kehidupan (fisik-mental, jasmani-rohani, dunia-akhirat) dengan hidup tanpa Narkoba. (Akhirudin/SIN).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *