Satgas Kesehatan TNI diberangkatkan Bantu Korban Gempa di Palu Sulawesi Tengah

SUARAINDONEWS.COM, Malang-Satgas Kesehatan TNI dari Batalyon Kesehatan 2/2 Kostrad berkekuatan 50 prajurit dipimpin Komandan Yonkes 2 Kostrad, Mayor Ckm Djefri Frederik Longdong, Sp.An., M.Kes. diberangkatkan ke Palu Sulawesi Tengah untuk membantu korban gempa bumi yang mengguncang Donggala dan Palu pada Jumat petang 28 September 2018 jam 17.02 WIB berkekuatan 7,4 Skala richter, menggunakan pesawat Hercules jenis C 130 A 1312 milik TNI AU melalui Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Abdurrahman Saleh, Malang, Sabtu pagi (29/9/2018) kemarin.

Satgas Kesehatan TNI dari Yonkes 2/2 Kostrad yang diberangkatkan ke Palu oleh Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Marga Taufiq, membawa berbagai perlengkapan kesehatan, meliputi modul bedah, modul Polum, modul perawatan, modul gawat darurat, modul farmasi, makanan dan tenda rumah sakit lapangan.

“Hari ini, Divif 2 Kostrad memberangkatkan Batalyon Kesehatan 2 Kostrad serta pasukan pendukung lainnya, meliputi tenaga medis, obat-obatan, alat komunikasi, rumah sakit lapangan dan bahan makanan,” jelas Pangdivif 2 Kostrad, Mayjen TNI Marga Taufiq.

Dan pemberangkat pasukan Satgas Kesehatan TNI tidak hanya dari Lanud Abdurahman Saleh, tambahnya, namun juga dilakukan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta dan Pangkalan TNI AL di Surabaya.

Satgas Kesehatan TNI yang terdiri dari Marinir dan Yonkes 1/1 Kostrad diberangkatkan ke Donggala oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dari Bandara Halim Perdana Kusuma menggunakan pesawat Hercules pada pukul 09.30 WIB. Sabtu (29/9/2018).

Satgas Kesehatan TNI dari Yonkes 1/1 Kostrad yang di pimpin Wadan Yonkes 1/1 Kostrad Mayor Ckm Nanang Setiawan mengatakan, “Pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin membantu para korban. Batalyon Kesehatan 1 /1 Kostrad membawa berbagai perlengkapan kesehatan, meliputi modul bedah, modul Polum, modul perawatan, modul gawat darurat, modul farmasi, makanan dan tenda rumah sakit lapangan.”

Pengiriman bantuan Satgas Kesehatan TNI ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Presiden RI Ir. H. Joko Widodo melalui Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. untuk segera memberikan penanganan korban gempa bumi dengan cepat, untuk mengantisipasi gempa susulan yang terjadi.

“Insya Allah saudara-saudara kita yang menjadi korban bencana gempa di Donggala Sulawesi Tengah akan kita tangani dengan baik,” pungkasnya.

(penkostrad; foto dok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *