Samsudin Siregar Gelar Sosialisasi Empat Pilar di STIE-SN Pematang Siantar

SUARAINDONEWS.COM, Pematang Siantar-Anggota DPR Samsudin Siregar menegaskan pentingnya pemahaman empat pilar kebangsaan bagi kalangan mahasiswa karena mahasiswa adalah generasi penerus bangsa. Melalui sosialisasi empat pilar tersebut diharapkan mahasiswa dan generasi muda bisa paham tentang kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurut Samsudin sosialisasi empat pilar kebangsaan yakni Pancasila sebagai dasar dan Ideologi Negara, UUD tahun 1945 sebagai konstitusi Negara serta ketetapan MPR dan NKRI sebagai bentuk Negara serta Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan Negera juga sebagai upaya mencegah berbagai konflik yang cenderung muncul di tengah-tengah daerah atau masyarakat.

“Dengan pemahaman empat pilar kebangsaan ini, diharapkan mahasiswa nantinya bisa menyampaikan kepada masyarakat secara luas tentang pentingnya menjaga persatuan dan keutuhan NKRI,” tegas Samsudin Siregar saat menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada ratusan mahasiswa STIE-SN Pematang Siantar, Sumatera Utara, Selasa (26/9/2017).

Ditambahkan politisi dari Fraksi Partai Hanura itu, sosialisasi empat pilar kebangsaan ini merupakan hal penting yang perlu dipahami seluruh masyarakat Indonesia dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di tengah keberagaman suku, ras dan agama. Dengan menghayati nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam kehidupan sehari- hari. Hal ini penting di tengah-tengah sebagian orang yang sudah mulai melupakan nilai-nilai tersebut.

“Pancasila dapat menjadi filter untuk menahan laju informasi yang menyesatkan, serta yang dapat memecahbelah persatuan dan kesatuan, ” ujarnya.

Legislator komisi VIII DPR itu juga berharap dengan adanya sosialisasi empat pilar diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat di Pematang Siantar terhadap nilai-nilai kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yaitu Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, agar diimplemantasikan dalam kehidupan sehari-hari.(Bams/EK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *