Ribuan Warga Cilegon Antusias Sambut Api Obor Asian Games

SUARAINDONEWS.COM, Cilegon-Ribuan warga memadati sepanjang rute kirab api obor Asian Games di kota Cilegon hingga kota Serang, provinsi Banten, Kamis (9/8/2018).

Di sepanjang sisi jalan rute kirab obor, mulai anak kecil, siswa SD, SMP, SMA hingga masyarakat umum, tua dan muda terlihat antusias menyambut api obor Asian Games 2018.

Para siswa mengacung-acungkan bendera merah putih seraya memekik “Indonesia, Indonesia” secara berulang-ulang dan menyanyikan lagu-lagu perjuangan. Tak sedikit pula, dengan menggunakan kamera, mereka merekam adegan perjalanan kirab api obor saat melewati wilayahnya.

Usai menerima penyerahan api abadi Asian Games 2018 dari perwakilan Inasgoc di Pelabuhan Merak, Banten, pada Kamis (9/8/2018) siang, Pelaksana tugas (PLT) Wali Kota Cilegon, Edi Ariadi, masyarakat Banten dan khususnya Cilegon merasa sangat bangga daerahnya bisa menjadi salah satu rute rangkaian kirab obor Asian Games 2018.

“Walaupun baru melintasi pulau Sumatra. Saya melihat kontingen tetap semangat berkobar-kobar. Kami bersyukur obor api ini juga melintasi kota kita tercinta,” ujar Edi dalam sambutannya.

Edi Ariadi juga berharap supaya para atlet di Indonesia bisa meraih banyak medali emas dan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebanyak-banyaknya di ajang Asian Games 2018.

“Ajang ini adalah kesempatan Indonesia untuk unjuk diri kepada negara-negara lain. Saya juga berharap para atlet bisa mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan mengibarkan Bendera Merah Putih sebanyak-banyaknya,” katanya.

Dikawal 20 Atlet Banten
Sebanyak 20 atlet asal Banten disiapkan oleh KONI Banten untuk mengawal api obor Asian Games 2018. Ke-20 atlet Banten tersebut berasal dari 10 cabang olah raga diantaranya Wushu, Paralayang, Taekwondo dan Karate.

Ketua Binpres KONI Banten Hengky S Brenner menjelaskan, 20 atlet tersebut dibagi dengan radius 400 meter. Setiap 400 meter ada atlet yang akan menyambut api obor.

“Jarak dari landmark ke rumah dinas, kami tempatkan sejumlah atlet Banten. Mereka bergantian membawa api obor. Dari Plt.Walikota Cilegon Edi Ariadi diterima oleh Ari Prayoga yang merupakan peraih medali emas PON XVI Jabar 2016,” ujarnya.(Bams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *