Persoalan Ekonomi dan Polhukam Bikin Dukungan Jokowi Merosot

SUARAINDONEWS.COM, Jakarta-Faktor fundamental ekonomi, politik, hukum, dan keamanan, bakal bikin elektabilitas Jokowi menurun. Tak ada jaminan dukungan tren terhadap Jokowi akan terus menerus naik. Sebab terdapat sejumlah faktor fundamental yang akan memberikan pengaruh terhadap dukungan Jokowi. Demikian diungkapkan Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Djayadi Hanan, di kantor SMRC, Jakarta.

Situasi ekonomi memburuk ditunjukkan dengan inflasi, politik tak stabil, Jokowi membuat blunder politik, ataupun situasi keamanan. Bakal jadi faktor penentu Pilpres 2019. Berdasar survei seperti diketahui kondisi ekonomi ekonomi nasional dianggap 39,1 persen lebih baik dan 2,7 persen jauh lebih baik.

Sementara tidak ada perubahan 29,3 persen, lebih buruk 21 persen, dan jauh lebih buruk 1 persen. Sementara kondisi politik nasional saat ini 1 persen sangat baik, 34 persen baik, 37 persen dianggap sedang, buruk 12 persen, dan 2 persen sangat buruk. Adapun kondisi penegakan hukum dianggap sangat baik 3 persen, baik 49 persen, sedang 28 persen, buruk 14 persen, dan sangat buruk 1 persen. Lalu kondisi keamanan dianggap sangat baik 4 persen, baik 63 persen, sedang 23 persen, buruk 8 persen, dan sangat buruk 1 persen
.
Dengan kata lain, bila pemerintah salah dalam mengelola masalah, tren positif dukungan pada Jokowi sekarang ini bisa berbalik arah, tutup Djayadi.

(Bgs; foto indosport

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *