Pelayanan Haji Indonesia Kalah dengan Malaysia

SUARAINDONEWS.COM, Jakarta-Ketua MPR Zulkifli Hasan meminta Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) untuk ikut berperan dan terlibat dalam perbaikan pelayanan haji Indonesia. Hingga saat ini pelayanan haji Indonesia masih kalah dengan Malaysia

“Saya berharap IPHI sungguh-sungguh mendiskusikan bagaimana penyelenggaraan haji Indonesia setiap tahun bertambah baik,” kata Zulkifli Hasan usai memberikan sambutan dalam seminar bertema “Merawat Kemajemukan Melalui Empat Pilar MPR RI” di Gedung Nusantara V, Komplek Parlemen, Jakarta, Minggu (8/7/2018).

Menurut Zulkifli masih ada penyelenggara haji dan umroh yang menyimpang. Seperti kasus ribuan jamaah umroh yang gagal berangkat ke tanah suci.

“Hanya gara-gara satu dua penyelenggara haji dan umroh yang tidak benar, akhirnya penyelenggara lain ikut terbawa-bawa. Ada triliunan uang jamaah umroh hilang gara-gara segelintir penyelenggara umroh yang tidak benar,” kata Zulhasan, sapaan Zulkifli Hasan.

Terkait dengan kasus-kasus itu, Zulhasan menegaskan bahwa Kementerian Agama ikut bertanggungjawab. “Kementerian Agama punya pengawasan. Jadi jangan membiarkan. Kalau hanya satu dua orang jamaah itu namanya penipuan, tapi kalau korbannya sampai ribuan itu namanya pembiaran. Kita minta tanggungjawab Kementerian Agama,” katanya.

“Saya kira IPHI bisa membahas masalah substansi seperti ini. IPHI bisa memberikan solusi untuk penyelenggaraan haji yang lebih baik,” ujarnya.(Bams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *