Nilai-Nilai Empat Pilar Kebangsaan di BP3 Jayapura

SUARAINDONEWS.COM, Jayapura-Dalam rangka kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang ke IV di tahun 2018, Anggota MPR RI Willem Wandik kali ini memilih kampus Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (BP3) Jayapura sebagai tempat untuk dapat mensosialisasikan tentang pilar-pilar kebangsaan kepada para taruna-taruna Penerbangan BP3 pada Minggu (19/8/2018).

Menurut Willem, keberadaan kampus BP3 Jayapura sangat tepat karena menampung banyak taruna-taruna dari berbagai latar suku baik, suku-suku yang berasal dari wilayah Papua maupun dari luar Papua, sangat tepat untuk mensosialisasi pilar-pilar kebangsaan. Hal ini mengisyaratkan bahwa untuk menjadi taruna di BP3 ini tidak memandang suku, ras dan agama.

“Hal ini merupakan salah satu penerapan di dalam hidup bernegara yang baik yang sesuai dengan nilai-nilai yang ada pada Empat Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila (sebagai Dasar dan Ideologi Negara), UUD NRI 1945 (Konstitusi Negara) dan Bhinneka Tunggal Ika (Semboyan Negara) dan NKRI, “ kata Willem Wandik.

Dalam paparannya, Willem menyampaikan bahwa kondisi penerbangan di wilayah Papua ini sangat berbeda dengan di Jawa, Sumatera atau daerah lainnya. Di luar Papua, lapangan terbang cukup dibangun di kabupaten/kota, namun untuk wilayah Papua pembangunan bandar udara atau lapangan terbang dapat masuk sampai ke lokasi distrik-distrik yang ada di dalam sebuah kabupaten.

“Sehingga bukan hanya infrastruktur transportasi udara yang dibutuhkan. Tetapi kebutuhan SDM yang handal sangat dibutuhkan untuk menjawab tantangan sesuai dengan kondisi di wilayah Papua, “ katanya.

Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat inipun menyampaikan bahwa menjadi taruna-taruna Penerbangan BP3 Jayapura ini sebenarnya adalah salah satu bentuk pengabdian kepada negara yang dilandasi oleh semangat juang dan cinta akan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Para taruna secara tidak langsung ikut serta memajukan negara dalam lingkup bidang transportasi udara, “ katanya.

Karenanya lanjut Willem, keberadaan kampus BP3 Jayapura tidak hanya mencetak SDM Penerbangan berkualitas, akan tetapi menghasilkan lulusan-lulusan yang memiliki jiwa patriotisme untuk ikut berperan menjadi salah satu bagian di dalam menjaga kedaulatan wilayah udara negara Indonesia. “Khususnya wilayah tanah Papua yang memiliki letak geografis sangat luas dan strategis dengan sebaran pulau dan pegunungan serta perbukitan, “ ujar Willem.

Willem berjanji akan terus-menerus membantu dan memperjuangkan pengembangan BP3 Jayapura ini sehingga kedepan dapat menghasilkan lulusan-lulusan terbaik dan siap pakai di bidang penerbangan, sehingga pengelolaan kedaulatan udara negara dapat dilakukan oleh putra-putri asli warga negara Indonesia.

Dalam sesi penutupan pelaksanaan kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini, Willem Wandik mengingatkan kembali peran para taruna Penerbangan BP3 Jayapura dalam upaya membantu menjaga keutuhan NKRI di Papua ini. Secara simbolik memberikan buku Empat Pilar Kebangsaan kepada peserta yang hadir di kampus BP3 Jayapura.(Bams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *