Mudik, Kekayaan Khas Budaya Islam di Indonesia

SUARAINDONEWS.COM, Jakarta-Budaya mudik merupakan salah satu kekuatan dan kekayaan khas budaya Islam di Indonesia. Selain itu, budaya mudik yang menyita energi ini akan lebih bermanfaat dan bermakna jika diisi dengan silaturahmi dan adanya dampak ekonomi secara langsung untuk warga sekitar.

“Silaturahmi ini dapat memperkuat dan menyambungkan hubungan antar  sesama saudara dan antar  sesama warga  kampung  atau desa. Hal ini  untuk menjaga dan melestarikan tradisi dan nilai kebajikan  agama dan kebajikan  lokal yg mungkin sempat tergerus oleh budaya modern di perantauan” kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR Sodik Mudjahid dalam keterangan persnya, Jumat (1/7).

Ia menghimbau, hasil-hasil kerja dari perantauan untuk dibelanjakan di kampung halaman. Hal itu dapat memberikan pemberdayaan ekonomi kepada saudara di kampung dan bukan sebaliknya membawa SDM lemah kompetensi  ke perkotaan.

Selain itu, lanjut Sodik, mudik harus membawa pencerahan dan edukasi  nilai dan budaya profesionalisme perkotaan kepada penduduk kampung halaman dan bukan sebaliknya hanya membawa budaya konsumerisme.

Ditambahkannya, setiap pemudik juga harus memiliki jiwa negarawan, sehingga perlu mensosialisasikan pengokohan  empat pilar berbangsa dan bernegara khususnya kesatuan NKRI. Pemudik harus memperkuat hubungan  kultural antara desa dan kota  kota, hubungan kultural antar pulau yang dimediatori oleh komunitas pemudik.

Politisi F-Gerindra ini berharap, fungsi mudik  yang begitu srategis, maka pemerintah harus memberikan pelayanan fasilitas dan perlindungan keamanan maksimum dari sejak berangkat sampai kembali ke rumah masjng masing. (TM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *