Meski Urutan Kedua, Golkar Bidik Kursi Ketua MPR

SUARAINDONEWS.COM, Jakarta-Meski berada di urutan kedua peroleh suara di Pemilu serentak 2019, Partai Golkar DPR akan membidik kursi pimpinan MPR.

“Kami optimistis Golkar akan mendapat jatah pimpinan MPR karena jatah Ketua DPR akan diambil oleh PDIP sebagai pemenang pemilu 2019, ” kata Ketua Fraksi Partai Golkar Melchias Markus Mekkeng di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Hasil rekapitulasi penghitungan suara KPU, PDI Perjuangan memenangkan Pemilu Legislatif dengan meraih 128 kursi DPR (22,26 persen) dan Partai Golkar di posisi kedua dengan 85 kursi (14,78 persen). Di bawah Partai Golkar, Partai
Gerindra meraih 78 kursi atau 12,57 persen.

Didampingi Sekretaris FPG Adies Kadir, Muhidin Mohammad Said dan Hetifah Sjaifudian, Mekkeng mengatakan saat ini pihaknya masih membahas sengketa perolehan kursi di Mahkamah Partai untuk selanjutnya diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Sengketa eksternal dengan parpol lain itu tersebar di daerah pemilihan antara lain di Pulau Sulawesi dan Sumatera.

“Kalau gugatan itu nantinya sampai ke MK dan dimenangkan Golkar, maka partainya akan meraih 94 kursi, Mudah-mudahan saja. Kita berharap dari 85 kursi ini bertambah sembilan kursi lagi,” ujarnya seraya mengatakan dalam pemilu legislatif, barometernya ialah perolehan kursi, bukan jumlah suara.

Mekeng menegaskan untuk kursi MPR1, DPP Partai Golkar akan mempercayakan pimpinan MPR kepada kader senior. “Selain memiliki jam terbang tinggi, kader itu juga punya loyalitas kepada partai, ” kata Mekkeng tanpa mau menyebut sosok itu karena akan dipilih melalui sistem paket.(Bams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *