Mantan Kabareskrim Bangga BG Raih Doktor dengan IPK4

SUARAINDONEWS.COM, Jakarta-Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Jenderal Polisi Budi Gunawan (BG) berhasil meraih gelar akademik Doktor Ilmu Hukum Universitas Trisakti, Jakarta. Tim penguji memberikan Budi Gunawan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 4, setelah mantan Wakapolri itu berhasil mempertahankan disertasinya melalui sidang terbuka selama hampir 90 menit, di kampus reformasi tersebut.

Mantan Kabareskrim Mabes Polri Komjen. Pol. (Purn) Ito Sumardi mengaku kagum dan bangga atas meriah dan well-organized-nya upacara promosi BG meraih gelar Doktor.

“Seperti saya tahun 2008 di Unpad meraih IPK4, Saya bangga atas gelar doktor Pak Budi Gunawan. Mungkin ini acara promosi paling termeriah, paling hebat, “ kata Ito Sumardi menyaksikan sidang di Gedung D, Universitas Trisakti.

Drs. Budi Gunawan SH, MSi, Ph.D, meraih gelar doktor atas disertasinya mengenai peran Intelejen negara dalam mendukung penegakan hukum terhadap kejahatan dunia maya (Cyber crime) guna terwujudnya keamanan nasional.

“Dimanapun beliau ditempatkan, sejak dulu beliau selalu membangun dengan swadaya. Dia selalu membangun infrastruktur, membangun sistem. Wajar negara memerlukan sosok seperti beliau. Pak Budi ini juga orang yang perfeksionis, selalu ingin sempurna ,” kata Ito Sumardi

Dari disertasi BG, Ito mengatakan bagaimana percepatan pengungkapan suatu kasus. Dengan didukung teknologi, sumberdaya memadai, dari sudut positive thinking peran dan fungsi intelejen bisa dioptimalkan untuk mengungkapkan suatu kasus dalam rangka menjaga stabilitas keamanan.

“Karena jangan sampai terjadi, lebih baik kita mencegah (kejahatan-red). Kalau kita mencegah, di situ peran intelejen,” ujar mantan Dubes Indonesia untuk Myanmar itu.

Ito Sumardi mengatakan negara membutuhkan sosok atau figur seperti Budi Gunawan, baik dari segi pemikiran dan pengorbanan. Pujian yang dilontarkan bukan sekedar lip service, karena Ito mengaku sudah cukup lama mengenal Budi Gunawan.

“Kita lihat Pak Budi, sosok dan kapasitasnya cukup lengkap-lah. Saat ini juga beliau salah satu pemimpin nasional,” kata mantan Kapolda Riau dan Kapolda Sumsel itu.(Bams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *