Legislator Papua Gelar Sosialisasi Empat Pilar di Bokondini

SUARAINDONEWS.COM, Papua-Anggota MPR RI dari Dapil Papua, Willem Wandik melakukan Sosialisasi Empat Pilar kebangsaan (Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, UUD NRI 1945) dengan masyarakat Bokondini di Kabupaten Tolikara, Papua pada Selasa (18/09/2018).

Willem menyampaikan, pada masa Presiden Jokowi-JK ini, masih cukup gencar diberitakan melalui berbagai media massa terkait pengalokasian dan pemanfaatan Dana Desa/Kampung sebagai implementasi dari UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa.

“Hal ini dikarenakan dengan UU No. 6 Tahun 2014 ini memberikan harapan baru bagi pemerintah daerah, distrik dan kampung untuk membangun wilayahnya dengan memberdayakan masyarakatnya, ” ujarnya.

Dalam penjelasannya, anggota dari Fraksi Partai Demokrat itu mengatakan UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, secara tegas menyatakan bahwa pendekatan pembangunan yang dipilih adalah membangun Desa/Kampung Dan Desa/Kampung Membangun.

“Membangun Kampung memberikan sudut pandang kepada kita, bahwa kewajiban Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kampung. Sedangkan pendekatan Kampung Membangun sebagai pelaksana, bagaimana “bangkitnya” masyarakat Kampung untuk berusaha memajukan dirinya sendiri”, katanya.

Willem berpendapat semua hal tersebut bermuara pada ide “One Village, One Planning, One Budgetting”. Dalam konteks ini, maka konsekuensinya kegiatan Kampung Membangun, pelakunya adalah pemerintah kampung dan masyarakat kampung dengan memanfaatkan semangat gotong-royong, kearifan lokal (kehidupan agama, suku, adat istiadat) dan sumber daya alam Kampung sebagai bentuk implementasi 4 Pilar (Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika) dalam kehidupan masyarakat di Tanah Papua.

Anggota MPR RI yang juga legislator Komisi V DPR RI ini, di akhir acara mengatakan, sebagai representasi wakil rakyat Tanah Papua, dirinya berkonsentrasi untuk terus memperjuangkan distribusi pembangunan dan keadilan bagi rakyat di Tanah Papua.

“Yakni dengan mengawal agenda legislasi, anggaran “budgeting” dan pengawasan “controlling” melalui Komisi V DPR RI sesuai tupoksinya, ” ujar Willem seraya berharap masyarakat dan Pemda Papua mendukung terus implementasi Empat Pilar Kebangsaan di tanah Papua ini, ” ujarnya.(Bams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *