Lanal Cirebon Berikan Bintal Juang Bela Negara dan Kedisiplinan di SMKN 1 Cirebon

SUARAINDONEWS.COM, Cirebon-Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cirebon dengan Komandan Letkol Laut (P) Tarus Rostiyadi, melaksanakan kegiatan Pembinaan Mental (Bintal) Juang Bela Negara dan Kedisiplinan bagi Siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Cirebon khususnya Tingkat 2/Kelas XI, yang pelaksanaannya dimulai dari tanggal 19 s.d 22 Juli 2016 di SMKN 1 Cirebon Jl. Perjuangan By. Pass Sunyaragi Kota Cirebon, (21/07/2016).

Kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan program kerja Lanal Cirebon Tahun 2016 bidang Pembinaan Potensi Maritim yang bertujuan untuk menggugah semangat juang khususnya bagi generasi muda sehingga kembali mempunyai rasa cinta tanah air, jiwa patriotisme, pancasilais dan mempunyai wawasan yang luas serta berorientasi pada kebaharian. Hal ini sesuai dengan kodrat dan jati diri Bangsa Indonesia yaitu Bangsa Maritim yang mana tidak disadari oleh generasi muda dan perlu diberikan motivasi serta dorongan agar mereka bangkit sebagai generasi muda yang pancasilais, berorientasi maritim, berdisiplin dan berwawasan luas, dikarenakan pada akhir-akhir ini nyaris tergeser dengan pengaruh dan maraknya budaya asing. Kegiatan pembinaan mental dan kedisiplinan bagi siswa-siswi SMKN 1 Cirebon yang diikuti 700 orang, terdiri dari 640 orang laki-laki dan 60 orang perempuan dari berbagai jurusan/keahlian ini akhirnya akan dapat menimbulkan sikap bersaing secara positif, membentuk karakter dan jati diri serta disiplin dalam rangka untuk persiapan memasuki bursa pasar kerja yang dituntut harus mempunyai 3 (tiga) unsur yaitu : – Kedisiplinan, Ketahanan Fisik dan Ketahanan Mental sehingga siswa-siswi diharapkan mampu untuk bersaing di bursa pasar kerja baik nasional maupun internasional.

Sedangkan pencapaian dari SMKN 1 Cirebon yang telah diraih di bursa pasar kerja, sudah dilaksanakannya kerjasama dengan beberapa perusahaan multi nasional, diantaranya : – Astra Group, PT. Garuda Metalindo, Nissan, PT. Nitan Federal, PT. Hikari. Dalam pelaksanaannya selaku Penanggung Jawab kegiatan yaitu Komandan Lanal Cirebon dan untuk kegiatan sehari-hari dipimpin oleh Pjs. Paspotmar Lanal Cirebon Kapten Laut (P) Dedi Hermawan beserta 10 (sepuluh) orang Prajurit Lanal Cirebon dan materi yang diberikan, antara lain : – Peraturan Baris Berbaris (PBB), Wawasan Nusantara, Motivasi untuk semangat kerja, Karakter dan Jati Diri serta Kedisiplinan, disamping itu kegiatan ini diawasi oleh Kepala SMKN 1 Cirebon Drs. A. Hendi Suhendi, M.Pd beserta 10 orang guru pengawas (Lanal Cirebon).(EKJ/Sgt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *