Krisis Global Bakal Berlarut-larut, Dunia Hadapi Proses Transisi

SUARAINDONEWS.COM, Jakarta  – Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Muhammad Anis Matta menilai saat ini dunia sedang dalam proses transisi akibat adanya pandemi virus Corona (Covid-19).

Anis Matta mengatakan transisi tersebut akan menuju era baru dimana akan mengubah model ekonomi baru dan bahkan pemimpin dunia yang baru.

“Dalam era baru itu nanti akan ada kemungkinan besar, kemungkinan kepemimpinan global baru, akan ada tata dunia baru, akan ada model ekonomi baru, dan salah satu variabel yang paling penting akan mempengaruhinya adalah angkatan teknologi baru,” kata Anis Matta dalam Halal bi Halal Partai Gelora Indonesia secara virtual, Minggu (31/5/2020).

Anis Matta mengatakan setiap bangsa di dunia kini sedang diuji daya tahannya karena krisis yang dihadapi adalah krisis global berlarut, yaitu krisis yang akan berlangsung dalam waktu lama.

Krisis tersebut merupakan suatu transisi panjang menuju suatu era baru.

Dalam situasi ketidakpastian itu, akan muncul tekanan dan menimbulkan depresi.

“Jadi orang berhadapan dengan ketidakpastian dan pada waktu yang sama orang tidak mengetahui apa yang bisa kita lakukan,” ujarnya.

Anis menambahkan, jika proses transisi itu tidak berjalan dengan baik berpotensi memicu perang.

Sebagaimana tercatat dalam sejarah, lanjut Anis, masa transisi akan menimbulkan suatu peperangan.

“Dalam 500 tahun terakhir transisi-transisi seperti ini telah menyebabkan terjadinya paling sedikit 12 perang besar. Itu yang kita ingat mungkin perang dunia pertama dan kedua,” ujarnya.

“Tapi sebenarnya sepanjang 500 tahun terakhir ini jumlah perang yang besar yang terjadi sebelumnya ada sekitar 12 dari 16 konflik yang terjadi dalam setiap masa transisi seperti ini,” katanya.

Halal bi Halal dengan Anis Matta ini diikuti oleh Pendiri, MPN, MP dan Seluruh Pimpinan DPN, DPW dan DPD Partai Gelora Indonesia. (WWA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *