Kolinlamil Ajak Siswa SMA 68 Jakarta Cintai Laut

SUARAINDONEWS.COM, Jakarta – Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengajak siswa siswi SMA Negeri 68 Jakarta untuk mencintai laut Indonesia. Hal tersebut merupakan salah satu tema yang diusung tim sosialisasi Kolinlamil ke sekolah-sekolah menengah atas se-Jakarta dalam rangka mensosialisasikan TNI AL dan Kolinlamil sebagai salah satu Komando Utama TNI AL yang memiliki tugas pokok sebagai pembina angkutan laut militer nasional.

Tim sosialisasi yang dipimpin Asisten Logistik (Aslog) Pangkolinlamil Kolonel Laut (T) Rachmat Hartoyo, S.Sos., M.M. melaksanakan sosialisasi untuk lebih mengenalkan institusi TNI Angkatan Laut kepada masyarakat, khususnya di lingkungan pendidikan tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) yang kali ini ke SMA Negeri 68 Jakarta Pusat, Selasa (26/7).

Kedatangan tim sosialisasi di salah satu SMA Negeri favorit Jakarta ini disambut meriah Kepala Sekolah SMA Negeri 68 Rudi Gunadi bersama dengan para guru serta perwakilan siswa. Asisten Logistik (Aslog) Pangkolinlamil Kolonel Laut (T) Rachmat Hartoyo, S.Sos., M.M. yang merupakan alumni sekolah favorit di Jakarta Pusat tahun 1984 ini bernostalgia di almamaternya.

Pada kesempatan tersebut, Kolonel Laut (T) Rachmat Hartoyo, S.Sos., M.M. langsung berdialog dengan para siswa siswi untuk berbagi cerita saat masih duduk di sekolah yang memiliki motto disiplin, kreasi dan prestasi. Tampak keakraban dan suasana yang penuh kekeluargaan saat Aslog Pangkolinlamil bercerita didepan para siswa siswi yang sekaligus adik-adik kelas di almamaternya.

Dalam acara sosialisasi itu pula justru yang terjadi merupakan temu kangen alumni SMA Negeri 68 Jakarta dengan almamater. Aslog Pangkolinlamil Kolonel Laut Rachmat Hartoyo, S.Sos., M.M. pun mengajak para siswa siswi untuk lebih dunia maritim dan mencintai laut kita.

“Ayo kita kelaut dan bergabung dengan TNI Angkatan Laut, pastikan kalian akan melihat dunia” tegasnya mengajak mereka.

Dihadapan para siswa dan guru-guru SMA Negeri 68 Jakarta yang berada di kawasan Salemba, Jakarta Pusat, Selasa (26/7) tim sosialisasi menyampaikan sejumlah informasi tentang tugas-tugas TNI Angkatan Laut dan tugas Komando Lintas Laut Militer selaku Kotama pembina kemampuan sistem angkutan laut militer, dan pembina potensi angkutan laut nasional untuk kepentingan pertahanan negara, serta melaksanakan pergeseran kekuatan militer dan Polri baik pasukan maupun logistik melalui laut di seluruh perairan Indonesia dalam rangka pengamanan NKRI.

Dalam acara pokok sosialisasi tersebut, Komandan KRI Teluk Manado 537, Letkol Laut (P) Priyo Dwi Saputro, S.T. memaparkan tugas pokok TNI AL, Kotama-kotama TNI AL, terutama Kolinlamil yang kapal-kapal perangnya sering menjadi tujuan wisata bahari para siswa sekolah mulai dari TK hingga Perguruan Tinggi dan masyarakat umum lainnya.

Selain itu pada kesempatan tersebut para siswa dan guru-guru yang hadir mendapat kesempatan menyaksikan tayangan film profil TNI Angkatan Laut dan prestasi TNI Angkatan Laut yang telah dicapai termasuk informasi tentang bagaimana prosedur pendaftaran dan proses seleksi penerimaan calon Prajurit TNI Angkatan Laut baik Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) maupun Bintara TNI Angkatan Laut sampai dengan calon dinyatakan lulus dan melanjutkan ke Pendidikan Dasar Militer tanpa pungutan biaya sepeserpun yang dibebankan kepada pendaftar calon. (EKJ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *