“Koes Plus Night” Cetus Komunitas Musik Koes Bogor, Wujudkan Semangat Jiwa Nusantara

SUARAINDONEWS.COM, Bogor-Setelah di era tahun 90an, kita mengenal adanya NAFC (Nike Ardilla Fans Club) yang diresmikan di Bandung, kemudian di era 2000an hadir Komunitas Kangen Chrisye (K2C) di Jakarta lewat tangan dingin Ferry Mursidan Baldan. Maka di tahun 2018 hadir satu lagi komunitas musik yakni para pecinta Koes Bersaudara dan Koes Plus  yang disebut dengan KMKB (Komunitas Musik Koes Bogor) yang di deklarasikan di Pool Side Grand Parahyangan, Cimahpar, Bogor.

Kehadiran KMKB mendukung pelestarian lagu lagu Koes Bersaudara dan Koes Plus sekaligus membangun tali silaturahmi antar masyarakat musik, khususnya penggemar Koes Bersaudara dan Koes Plus se Bogor Raya (Kota dan Kabupaten, red).

 

KMKB hadir lewat program rutin bertajuk “Koes Plus Night” dimotori ALUSPAT Plus Band setiap Jum’at malam di Café Pool Side Grand Parahyangan Estate, Cimahpar, Bogor, yakni melalui acara ririungan sambil menikmati iringan organ yang memainkan lagu lagu Koes Bersaudara dan Koes Plus di kediaman Farhan Kristianto dan Sisaria Febriyanti, disepakati membentuk wadah pecinta lagu-lagu Koes Bersaudara dan Koes Plus yakni Komunitas Musik Koes Bogor (KMKB).

“Saya suka lagu lagu  Koes Bersaudara dan Koes Plus sejak kecil. Jadi sudah selayaknya untuk  menghargai lagu lagu Koes Bersaudara dan Koes Plus yang sarat kecintaan pada bangsa dan tanah air, sekaligus bangga dengan karya anak negeri. Bersama KMKB diharapkan bisa lebih melestarikan lagu lagu Koes Bersaudara dan Koes Plus melalui sejumlah program yang akan dijalankan,” ungkap Farhan Kristianto, selaku Ketua KMKB, saat ditemui.

Sementara Dwi Agvriloso, selaku penanggung Jawab KMKB merasa optimis lantaran ada motivasi baru untuk menggali potensi anak muda yang menggemari karya karya Koes Bersaudara dan Koes Plus ini.  Jadi tunjukan kalau KMKB itu efektif dan buktikan Koes Bersaudara dan Koes Plus khususnya di Bogor dan di Jabodetabek itu ada, tegas Dwi penuh semangat.

Dan deklarasi Komunitas Musik Koes Bogor (KMKB) pun berlangsung penuh keceriaan, apalagi juga dihadiri oleh musisi dan pencipta lagu kondang, Dadang S Manaf beserta istri yang langsung merasa nyaman dan akrab dengan KMKB, serta tentunya para pecinta Koes Bersaudara dan Koes Plus yang datang dari Depok, Bekasi dan Bogor sekitarnya.

“Atmosfir rasa kebersamaan dan persaudaraan langsung terbangun disini. Saya sangat mendukung keberadaan KMKB. Kita kagum dengan karya seniman zaman dulu, utamanya seperti Koes Bersaudara dan Koes Plus yang karya-karyanya tetap abadi. Bahkan Koes Plus itu satu satunya grup terhebat yang dimiliki Indonesia, dimana syair dan liriknya tak hanya melulu bicara cinta, tapi ada sisi religiusnya dan tentunya semangat nasionalisme, “ujar Dadang S Manaf.

KMKB (Komunitas Musik Koes Bogor), lanjut Farhan, didasari semangat jiwa nusantara untuk melestarikan lagu-lagu Koes Bersaudara dan Koes Plus sebagai rasa bangga dan cinta atas karya anak negeri sendiri. KMKB pun mengemban misi menjunjung eksistensi masyarakat musik Bogor Raya (Kota/Kabupaten) untuk bersama-sama bersilaturahmi dan melestarikan lagu lagu Koes Bersaudaradan Koes Plus sebagai asset seni karya musisi negeri sendiri dalam satu semangat jiwa nusantara.

Deklarasi KMKB  semakin meriah dengan penampilan dari Aluspat Plus Band dan SOS (Senang Oh Senang, Sedih Oh Sedih), serta kehadiran para pengurus seperti Dwi Agvriloso (Penanggungjawab KMKB), Setiawan (Pembina KMKB),  dan Ramli Sahibu (Sekretaris KMKB), selain para anggota KMKB.

(tjo; foto: Fajar & Dok. KMKB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *