KMKB Resmi Jadi Pengurus Daerah Jiwa Nusantara Bogor – KMKB

SUARAINDONEWS.COM, Bogor-Jajaran pengurus Komunitas Musik Koes Bogor(KMKB) 2018 – 2021 telah resmi dikukuhkan dan dilantik oleh Emil Diana selaku Ketua Harian Pengurus Pusat JIWA NUSANTARA mewakili Ketua Umum Pengurus Pusat JIWA NUSANTARA, yang berlangsung di PoolSide, Grand Parahyangan, Cimahpar, Bogor. JIWA NUSANTARA merupakan Klub Penggemar Musik Koes Bersaudara dan Koes Plus.

Selanjutnya Ketua Umum KMKB, Farhan Kristianto beserta jajaran pengurus KMKB membacakan ‘Pakta Integritas’ dipandu Bambang Kuncoro selaku Korwil JIWA NUSANTARA Jawa Barat. Dengan demikian maka Kepengurusan Komunitas Musik Koes Bogor sekaligus resmi menjadi Pengurus Daerah JIWA NUSANTARA Bogor – KMKB.

JIWA NUSANTARA teregistrasi di Kemenkumham, sudah selayaknya Pengurus Daerah JIWA NUSANTARA Bogor harus mendapat dukungan penuh dengan cara yang bermartabat. Karenanya JIWA NUSANTARA dan Pengurus Daerah JIWA NUSANTARA juga harus bersinergi, ujar Bambang Kuncoro, usai pelantikan dan pembacaan ‘Pakta Integritas’ JIWA NUSANTARA.

Selain Emil Diana dan Bambang Kuncoro, perwakilan dari JIWA NUSANTARA Pusat dan Daerah Jawa Barat, turut hadir pula Bram Agoeng, Eva Sulaiman dan Kumava. Disamping itu Maman Kadarisman S.IP, Kasi Bahasa Sunda Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kota Bogor; Pria Gunandi, SH selaku Lurah Kedung Jaya, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor; Susanto SE selaku Lurah Sukaresmi, Kecamatan Tanah sareal Kota Bogor; Usadi selaku Kasi Dalbang Bogor Barat serta penyanyi dan musisi yang kini bermukim di Sukabumi yakni Endar Pradesa.

Ketua Umum JIWA NUSANTARA Bogor –KMKB, Farhan Kristianto menyatakan keberadaan KMKB adalah sebagai sarana silaturahmi guna melestarikan lagu-lagu Koes Bersaudara dan Koes Plus agar lebih eksis dan menjadi yang terdepan.

Sementara Kasi Bahasa Sunda Dinas Kebudayaan & Pariwisata (DisBudPar) Kota Bogor, Maman Kadarisman mengungkapkan kalau kehadiran KMKB bisa mendukung program program DisBudPar Kota Bogor nantinya. Sekaligus hadirnya KMKB bisa mengangkat serta memartabatkan seni dan pemakaian bahasa indonesia dan juga bahasa Sunda di ruang publik serta bisa merekrut generasi muda Indonesia untuk bisa mencintai musik Indonesia” tambah Maman.

Selanjutnya JIWA NUSANTARA Bogor – KMKB, secara simbolis menyerahkan Kartu Anggota KMKB, yang diserahkan Ketua Umum JiIWA NUSANTARA Bogor – KMKB, Farhan Kristianto dan Ketua Harian JIWA NUSANTARA Pusat, Emil Diana kepada tiga anggota yakni Ganef Santoso, Sisaria Febrianti dan Fajar Ramadhan.

Ada pula penyerahan tanda mata berupa kaos KMKB yang diberikan Ketua Umum JiIWA NUSANTARA Bogor – KMKB, Farhan Kristianto kepada perwakilan dari JIWA NUSANTARA Pusat dan Jiwa Nusantara Wilayah Jawa Barat, serta Maman Kadarisman S.IP, Kasi Bahasa Sunda Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kota Bogor dan musisi Endar Pradesa.

Seperti diketahui, sebelum KMKB terbentuk, secara umum mayoritas pendiri dan anggota KMKB adalah bagian dari anggota BKMC(Bogor Koes Music Community), sebuah komunitas pelestari lagu-lagu Koes Bersaudara dan Koes Plus yang terbentuk lebih awal di Bogor. Namun dalam perjalanannya, aktifitas BKMC dirasa kurang mengakomodir seluruh anggotanya serta tersumbatnya jalinan komunikasi antara pengurus dan anggotanya. Kemudian timbul ide dari beberapa anggota yang berkeinginan untuk membentuk komunitas baru yang tujuan awalnya sama dengan BKMC yaitu mewadahi para penggemar dan pelestari lagu-lagu Koes Bersaudara dan Koes Plus di Bogor.

Setelah dirancang dan dimusyawarahkan oleh beberapa calon pendiri pada Rabu (2/5) dikediaman Farhan Kristianto dan Sisaria Febriyanti, akhirnya pendirian KMKB resmi di deklarasikan di PoolSide Grand Parahyangan, Cimahpar, Bogor. Dan menetapkan Farhan Kristianto sebagai Ketua Umum KMKB 2018-2021 dengan beberapa struktur pengurus yang kemudian telah dilantik oleh Pengurus Pusat Jiwa Nusantara saat ini (11/5).

Adapun Susunan Pengurus Daerah JIWA NUSANTARA – BOGOR (KMKB) Masa Bakti 2018 -2021; Dewan Pembina ( Dwi Agviriloso, Dadang S Manaf); Dewsn Penasehat (Setiawan) ; Pengurus Daerah ( Ketua Farhan Kristianto, Wakil Ketua Ramujaya, Sekretaris Ramli Sahibu dan Bendahara Fajar Ramadhan).

Kemudian dibantu oleh Seksi Humas, Dokumentasi dan Publikasi (Koordinator Ray, Anggota Ganef Santoso); Seksi Kerjasama dan Hubungan Kelembagaan (Koordinator Dedi. S); Seksi Pembinaan & Pengembangan Musikalitas (Koordinator Fajar Irawan); Seksi Kepedulian Sosial (Koordinator Manshur); selain itu juga ditambahkan untuk Seksi Pengembangan Desain Kreatif & Asesoris serta Seksi Program Kegiatan.

Hingga kepengurusan KMKB dilantik menjadi Pengurus Daerah JIWA NUSANTARA – Bogor KMKB, jumlah anggota KMKB yang telah terdaftar 61 anggota dan dipastikan akan terus bertambah karena JIWA NUSANTARA – Bogor KMKB terbuka untuk umum dan untuk siapapun yang ingin bergabung. Sedangkan persyaratan untuk bergabung dan menjadi anggota JIWA NUSANTARA – Bogor KMKB adalah Sehat Jasmani dan Rohani; Mencintai lagu lagu Koes Bersaudara dan Koes Plus; Non Sara dan Politik serta Menjunjung tinggi kebersamaan

Adapun Program Kerja Jangka Pendek JIWA NUSANTARA – Bogor KMKB yakni tampil di Ciwaringin Bogor Tengah (usai Idul Fitri 1439 H); kemudian melakukan koordinasi dengan Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kota Bogor dalam hal fasilitasi event event seni budaya Pemkot Bogor ataupun pelaku usaha di kota Bogor; Mengadakan festival lagu lagu Koes Bersaudara dan Koes Plus, serta Melakukan koordinasi dengan Dinas terkait dengan rencana mengisi ruang publik seperti Taman Ekspresi Sempur, Bogor dan Car Free Day, Bogor Minimal Sebulan Sekali.

Sedangkan Program Kerja Jangka Menengah dari JIWA NUSANTARA – Bogor KMKB, mengonsolidasikan kepengurusan dan anggota agar satu visi dan misi serta merekrut anggota sebanyak banyaknya sehingga keberadaan JIWA NUSANTARA – Bogor KMKB diketahui publik secara luas.

Dan Program Kerja Jangka Panjang dari JIWA NUSANTARA – Bogor KMKB, Konsistensi untuk melestarikan dan menyebarluaskan lagu-lagu Koes Bersaudara dan Koes Plus dengan melakukan berbagai kerjasama dan multi event untuk tampil secara temporer/berkala/reguler.

Ketua JIWA NUSANTARA – Bogor KMKB, Farhan Kristianto beserta jajaran pengurusnya, mengharapkan KMKB mampu menjadi komunitas yang konsisten dan selalu bersama dalam satu JIWA NUSANTARA untuk melestarikan lagu lagu Koes Bersaudara dan Koes Plus.

Pelantikan Pengurus KMKB Periode 2018-2021 dimeriahkan dengan membawakan lagu lagu Koes Bersaudara dan Koes Plus, yang dibawakan Emil Diana, Bambang Kuncoro, Bram Agoeng, Maman Kadarisman S.IP, Lurah Pria Gunandi, SH, Lurah Susanto SE, Usadi, Pembina Jiwa Nusantara Bogor – KMKB: Dwi Agviriloso, Ketua Umum Jiwa Nusantara Bogor – KMKB: Farhan Kristianto beserta Istri Sisaria Febrianti, Wakil Ketua Umum Jiwa Nusantara Bogor – KMKB Ramujaya, Koordinator Seksi Kepedulian Sosial Jiwa Nusantara Bogor – KMKB Mashur, diiringi Aluspat band, Jitara Band .

(Tjo; foto Jar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *