Jurnalis dan Blogger ‘Agent of Change’ Be Smart and Fun With Pharmacist

SUARAINDONEWS.COM, Jakarta-Menjadi bagian dari sejumlah kegiatan World Pharmatics Day, yang jatuh tanggal 25 September, bersama Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Young Pharmacist Group Indonesia, Gema Cermat Program, DaGuSiBu Program dan puluhan jurnalis serta blogger, terlibat dalam kegiatan Gathering Jurnalis dan Blogger ‘Agent of Change’, Be Smart and Fun With Pharmacist, di Sekretariat IAI, Jakarta (28 September 2018).

Kegiatan edukatif yang dirancang secara interaktif dan menyenangkan tersebut tak hanya memberikan informasi terkait peran, tugas dan fungsi seorang apoteker di tengah tengah masyarakat, namun termasuk juga perkembangan dunia apoteker di Indonesia.

Disamping para jurnalis dan blogger, juga dibekali pengetahuan tentang Program Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat, Program DaGuSiBu (Dapatkan, Gunakan, Simpan, Buang), serta tentunya Sesi Tanya Jawab seputar bagaimana mengenali obat obat di sekitar kita (diantaranya seperti Kategori Obat, Nama Merk Dagang, Kandungan Obat, Efek Samping, Dosis Obat, Cara Pemakaian, serta Masa Berlaku Obat) dan juga hubungannya dengan keberadaan apoteker di sejumlah sarana pelayanan kesehatan yang ada.

Dalam kegiatan Gathering Jurnalis dan Blogger ‘Agent of Change’, Be Smart and Fun With Pharmacist, yang dibuka dan dihadiri Sekjen IAI Noffendri Roestam, SSi, Apt dan didampingi Ketua HISFARKESMAS Indri Mulyani Bunyamin, SFarm, Apt, Kabid Humas IAI Tresnawati Wahyudi, serta Elly Gusnellyanti, SSi, Apt, MKN, selaku moderator kegiatan tersebut, turut dipertanyakan kehadiran elektronik farmasi ditengah tengah pesatnya perkembangan e-commerce di Indonesia.

“Bagi IAI tak ada kata lain harus terus siap mengikuti perkembangan jaman yang ada termasuk hadirnya elektronik farmasi yang tengah disusun regulasinya oleh pemerintah ini. Apalagi peran penting apoteker yakni dari hulu hingga hilir, mulai dari menganalisasi obat obatan, memformulasikannya, memproduksinya, hingga pengawasan dalam pendistribusiannya serta post marketnya. Termasuk peran apoteker di tengah tengah bencana seperti di Lombok NTB dan Donggala Palu. Oleh karenanya IAI akan terus berupaya mengedukasi masyarakat maupun orang per orang untuk menjadi cerdas terkait obat obatan di sekitarnya,” jelas Noffendri.

Gathering Jurnalis dan Blogger ‘Agent of Change’, Be Smart and Fun With Pharmacist ini, menjadi satu kegiatan dari serangkaian kegiatan yang dilakukan apoteker di seluruh Indonesia yang dilaksanakan mulai 22 September hingga 22 Oktober 2018 mendatang, seperti di area Car Free Day, Mall, maupun sekolah lewat Apoteker Go to School, dalam rangka World Pharmacist Day yang dilaksanakan seluruh apoteker di seluruh dunia, ungkap Kabid Humas IAI, Tresnawati Wahyudi.

Diharapkan melalui para jurnalis dan blogger, masyarakat akan lebih mengenal Apoteker sebagai tenaga kesehatan yang memiliki tugas meningkatkan kualitas hidup sehat bagi setiap manusia (Pasal 9 AD IAI), berdasarkan tupoksinya melalui UU 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, PP No.51 Tahun 2009, Permenkes No.71 dan No.72 Tahun 2016, dan UU 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan, tutup Tresnawati.

(tjo; foto dok IAI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *