Juri Remaja Festival Film Pendek Internasional ‘MFW 4 Youth Jury Camp 2018’

SUARAINDONEWS.COM, Bali-Minikino Film Week (MFW) sebagai bagian dari Festival Film Pendek International, yang dihelat Yayasan Kino Media, memasuki tahunnya yang keempat memberi kesempatan Juri Remaja untuk mengkurasi film-film yang hadir dalam Festival Film Pendek International ini.

Para Juri Remaja ini selama tiga hari penuh diberikan pelatihan di Omah Apik, Pejeng, Gianyar, bertajukan ‘MFW 4 Youth Jury Camp 2018’ (6-8 Juli 2018). Para Juri Remaja berusia 13 sampai 16 tahun ini dilatih mengapresiasi film-film pendek dan diakui sebagai 2018 International Youth Jury Board (badan penjurian remaja tingkat internasional untuk tahun 2018) dalam festival film pendek berskala internasional ini.

“Ini kesempatan yang istimewa dan bergengsi untuk para remaja untuk mendapat pelatihan khusus dan diberikan peran yang penting secara aktif menilai film-film pendek kategori anak, remaja dan keluarga. Film-film pendek yang dinilai oleh para juri remaja adalah yang sudah lolos resmi dari tim seleksi Minikino. Di dalam pelatihan ini mereka menentukan 5 nominasi internasional untuk Youth Jury Award 2018,” jelas Direktur Festival Minikino Film Week 4, Edo Wulia.

Sejak awal Festival Film Pendek Internasional dirancang sebagai festival yang masuk dalam keseharian masyarakat, membuka kesempatan pada semua orang mengalami suasana menonton bersama dan sekaligus mengajak untuk bersikap lebih kritis terhadap apa yang ditontonnya.

Dan proses ini menciptakan tidak hanya sebuah proses penjurian yang kritis, namun juga generasi muda yang memiliki kualitas kepemimpinan yang sekaligus memiliki kepekaan untuk melihat, mendengarkan, mengemukakan pendapat, dan kemampuan mencari titik temu untuk kepentingan bersama.

Adapun MFW 4 Youth Jury Board terdiri dari Sophie Louisa (15) dan Keane Levia Koenathallah (16) dari Tangerang Selatan, Natasya Arya Pusparani (15) dari Jakarta Selatan, Seika Cintanya Sanger (15) dari Tabanan, serta Ni Ketut Manis (15) dan I Putu Purnama Putra (15) dari Karangasem.

Hari pertama MFW4 Youth Jury Camp 2018, dibekali dengan sejumlah materi tentang sejarah film dunia termasuk pengaruhnya di Indonesia, tata-cara mendengarkan dan mengemukakan pendapat, mengenal elemen gambar dan suara dalam film, serta kreatifitas tutur visual. Pembekalan oleh Dewan Komite Minikino Film Week 2018, yaitu Direktur Festival Edo Wulia, Direktur Program Fransiska Prihadi, Direktur Eksekutif I Made Suarbawa, serta fotografer resmi untuk festival, Syafiudin Vifick ‘Bolang’ yang secara profesional telah dikenal luas di Indonesia.

Proses penjurian dalam Youth Jury Camp 2018 masih akan berlanjut hingga saat festival MFW 4 di Bali, tanggal 6 sampai 13 Oktober 2018 mendatang berlangsung. Para juri remaja tingkat internasional ini akan melanjutkan kembali diskusi mereka untuk menentukan 1(satu) peraih penghargaan prestisius 2018 MFW Youth Jury Award.

(tjo; foto ist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *