Harkonas 2019: Berdayakan Konsumen Indonesia

SUARAINDONEWS.COM, Jakarta–Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita berharap konsumen Indonesia menjadi lebih kritis dan berani menyampaikan pendapat. Bersikap kritis dan berani menyampaikan pendapat selaras dengan teman “Hari Konsumen Nasional 2019” yang mengusung tema “Saatnya Konsumen Indonesia Berdaya”.

“Fokus Harkonas 2019 lebih dititikberatkan dalam mencapai konsumen yang berdaya, tidak hanya mampu memahami hak dan kewajiban sebagai konsumen, Tapi bisa menjadi konsumen yang kritis dan berani menyampakan pendapat, ” kata Mendag Enggartiasto saat
konferensi pers persiapan Harkonas 2019 di kantor Kemnaker Jakarta, pada hari ini, Rabu (30/1/2019).

Kegiatan Harkonas 2019 yang direncanakan akan dihadiri Presiden Joko Widodo ini dan akan dilaksanakan di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Jawa Barat pada bulan Maret 2019 mendatang. Harkonas ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2012 dan diharapkan menjadi momentum.

Menurut Enggar, perwujudan kehadiran negara dalam melindungi konsumen dan merupakan amanat konstitusi. Harkonas ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2012 dan diharapkan menjadi momentum untuk peningkatan perlindungan konsumen di Indonesia.

Saat ini angka Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) Tahun 2018 adalah 40,41. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen Indonesia telah berada pada level mampu untuk memperjuangkan hak dan kewajibannya. Angka IKK tersebut naik dibandingkan tahun 2017 sebesar 33,70 yang menunjukkan konsumen Indonesia masih berada pada tingkat paham terhadap hak dan kewajibannya.

“Rasa percaya diri masyarakat dalam bertransaksi bersifat fundamental bagi kesehatan ekonomi suatu bangsa. Kondisi ini membangun dinamika pasar dan daya beli konsumen yang efektif, sehingga terbangun pertumbuhan ekonomi nasional berkualitas,” ujar Mendag.

Turut hadir dalam acara ini Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Kepala Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Ardiansyah Parman.(EK/Bams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *