Jakarta Siap All Out Sambut 170.000 Wisatawan Jelang Asian Games 2018

Hari Wibowo Kabid Destinasi dan Pemasaran DKI :

Jakarta, sedikitnya 170.000 orang wisatawan bakal hadir di Jakarta untuk mengikuti perhelatan olahraga Asian Games 2018 dan Jakarta siap menyambut mereka  yang hadir untuk saling beradu prestasi di kancah olahraga se-Asia tersebut. Demikian hal ini dikemukakan Kabid Destinasi & Pemasaran DKI Hari Wibowo, saat ditemui di sela sela kesibukkannya.

Seperti diketahui ajang Asian Games 2018 akan nerlangsung di dua tempat yakni Jakarta dan Palembang. Dan akan hadir sekitar 170ribu orang yang terdiri dari 10.000 atlet, 5.000 official, 5.000 media, dan sedikitnya 150.000 penonton.

“Data yang didapat dari Inasgog ini selain datang untuk bertanding, kami dari DisParBud juga menyediakan paket wisata yang sifatnya gratis pada mereka yang menggunakan ID Card atlet, oficial atau lainnya,” papar Kabid Destinasi dan Pemasaran DKI.

Mulai dari wisata sejarah, belanja & budaya. Semua jalurnya sudah disiapkan dari dan kemana. Bahkan ada juga pertunjukan reguler di Wisma Atlet Kemayoran sehari 2 kali. Ada tari- tarian, Gambang Kromong, Group Band, Organ Tunggal. Khusus tanggal 19 Agustus – 1 September, para atlet yang sudah tidak ada jadwal tanding, bisa menonton acara tersebut, lanjutnya. .

Untuk wisata sejarah Kawasan Kota Tua Jakarta, rutenya dari Eisma Atlet Kemayoran menuju Kota Tua, terus keliling sekitar itu. Sedangjan untuk wisata sejarah lainnya mereka berangkat dari Wisma Atlet Kemayoran bisa menggunakan Bus yang sudah disiapkan.

Armada bus ini bekerjasama denganTransjakarta. Kalau wisata belanja, pusat belanjanya menuju Grand Indonesia. Senayan City, Plaza Senayan, Sarinah, Unuk bus Transjakarta sendiri kita pakai yang jenis lowdeck sekitar 4-8 unit untuk wisata belanja, wisata sejarah, wisata budaya, ini tergantung minatnya para wisatawan. Kalau kurang kita tambah armadanya, kita namakan ini Jakarta Eksplorer Tour itu wajib mereka harus bawa ID card nya.

JET (Jakarta Eksplorer Tour) beda rutenya dengan yang tadi, pakai busnya double deckker, durasi 2 jam, titik kumpulnya di shuttle Bus area Gelora Bung Karno operasionalnya, kalau weekday dari jam 08.00-18.00 kalau weekend pukul 12.00-20.00 rutenya GBK-Jend. Sudirman- Bunderan HI-Bank Indonesia-Merdeka Selatan- Gambir-Ps. Baru- Lap Banteng-Pejambon- Merdeka Utara-HI-Patung Pemuda Senayan kembali lagi ke Senayan lewat Sudirman.

Kalau wisata sejarah itu total 4 kali, tanggal 22,24,27,dan 30 Agustus, sementara wisata belanja juga 4 hari 23, 28, 31Agustus  dan 1 September. Untuk armada bus rutenya sendiri sehari 2 kali untuk jam keberangkatannya jam 10.00 – 16.00 dan jam 13.00 – 21.00. Dan selama di dalam bus itu, pemandu wisatanya adalah Abang dan None Jakarta yang bertugas sebagai TourGuide.

Disbudpar Jakarta juga menyiapkan wisata budaya, yaitu pertunjukan-pertunjukan seni budaya, seperti wayang Barata tanggal 25 Agustus. Kemudian ada kunjungan ke Pusat Kebudayaan Betawi di Setu Babakan, juga pertunjukan Wayang Golek di Museum Wayang. Kemudian di Monas juga ada pertunjukan Air Mancur Menari  dan video mapping tanggal 19, 25, 26 Agustus  serta  September Disiapkan juga Foto Booth.

“Jadi intinya kita all out sesuai dengan tupoksinya. Kita mencoba memberikan yang terbaik, pada para atlet, official dan juga suporter, Ditambah

Kami juga melatih 13.000 voulentir untuk materi kepariwisataan dan  Budaya. Jadi voulentir dari Inasgoc, kita latih, kita berikan pembekalan kepariwisataan dasar dan budaya ya, jadi mereka bisa menjelaskan kepada para atlet, official dan lainnya,” tegas Hari Wibowo Kabid Destinasi dan Pemasaran DKI.

Dengan demikian ada 2 jenis paket yang Disbudpar DKI Jakarta siapkan, wisata khusus, wisata sejarah, belanja dan budaya dan yang satu lagi Jakarta Eksplorer Tour, untuk all out menyambut datangnya wisarawsn Asia dalam rombongan Asian Games 2018, tutup Kabid Destinasi dan Pemasaran DKI.

(*benksu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *