DPR Desak Presiden Segera Angkat Menteri ESDM Definitif

SUARAINDONEWS.COM, Jakarta-Wakil Ketua DPR Agus Hermanto menyarankan Presiden Jokowi segera mengangkat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) secara definitif. Pasalnya Luhut Binsar Panjaitan selaku Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman yang kini menjadi pelaksana tugas (Plt) Menteri ESDM sudah terbebani tugas yang berat. Terlebih saat ini hampir sebagian besar sumber daya energi dan mineral milik Indonesia justru banyak dikelola dan dinikmati oleh pihak asing.

Saat ditanya siapa sosok yang pantas menempati kursi Menteri ESDM, Agus mengatakan menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden RI. Lalu, layakkah Arcandra Tahar kembali menduduki kursi Menteri ESDM? Agus menegaskan, sebaiknya diserahkan kepada aturan dan proses yang berlaku.

“Jadi jangan menebak-nebak, itu masih wacana dan yang namanya wacana kan tidak bisa dipastikan. Biar nanti sama-sama kita lihat dan semua tentu harus melalui aturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Agus.

Sebelumnya Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengaku sudah mendengar informasi yang berkembang di publik terkait kemungkinan mantan Menteri ESDM Arcandra Tahar diangkat kembali menjadi menteri.

Namun, secara pribadi politisi PKS itu meyakini Presiden tidak akan mengambil risiko untuk memberi kembali kursi menteri kepada Arcandra. Ia meyakini bahwa Presiden akan menggunakan keahlian Arcandra untuk pos lain. “Saya tidak yakin ya beliau akan menjadikan Pak Arcandra kembali jadi menteri ESDM. Mungkin jadi Dirut Pertamina, staf khusus presiden atau jabatan tertentu di BUMN tapi Menteri ESDM lagi saya enggak yakin,” kata Hidayat.(EKJ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *