Delegasi Indonesia Rebut 6 Emas dan 3 Perak

SUARAINDONEWS.COM, Jakarta-Delegasi Indonesia berhasil menjadi juara umum dengan mendapatkan 6 Emas dan 3 Perak pada perhelatan World Skills Asia (WSA) 2018 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Kompetisi yang digelar pada tanggal 26-30 November 2018 mempertandingkan keahlian di bidang vokasi regional Asia.

Dengan perolehan medali terbanyak, delegasi Indonesia berhasil mengalahkan peserta dari Korea, Taiwan, Malaysia, UEA dan Bahrain.

“Selamat kepada putra putri bangsa yang telah memperoleh hasil terbaik pada kompetisi vokasi tingkat Asia. Semoga hasil ini dapat menjadi awal dari keberhasilan selanjutnya,” kata Direktur Jenderal Binalattas, Bambang Satrio Lelono, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (2/12/2018).

WSA untuk pertama kalinya diselanggarakan pada tahun 2018 di Abu Dhabi. Sebanyak 19 Negara ikut serta baik dari negara di Asia maupun undangan yang berasal dari benua Afrika, Eropa dan Amerika.

Pengiriman kontingen Indonesia ke ajang WSA 2018 ini dilakukan oleh Kemendikbud dan Kemnaker dengan dukungan tenaga ahli dari dunia industri.

“Pada kompetisi keahlian tingkat Asia yang pertama ini Indonesia mengirim 10 kompetitor untuk berkompetisi pada bidang lomba dari 17 bidang lomba,” kata Dirjen Satrio.

Adapun kejuruan yang diikuti adalah Fashion Technology, Electrical Instalation, IT Network System Administration, Electronica, Welding, Refrigeration & AC, Automobile Technology, Car Printing, Web Design, dan IT software solution for business

“Keikutsertaan Indonesia dalam ASC dan WSA ini mendukung pengembangan SDM khususnya tenaga kerja muda khususnya di Indonesia untuk mencapai kompetensi sesuai dengan perkembangan teknologi dan tuntutan pasar kerja global,” kata Satrio.(Bams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *