Deklarasi Implementasi Pengajaran dan Pendidikan Pancasila Antara MPR RI, Kaukus Perempuan dan Badan Pembinaaan Kurikulum Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah

SUARAINDONEWS.COM, Jakarta-Ketua MPR Zulkifli Hasan didampingi Kaukus Perempuan Eva Kusuma Sundari dan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudi Latif memimpin Deklarasi Implementasi Pengajaran dan Pendidikan Pancasila dalam Kurikulum Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah.

Deklarasi diselenggarakan MPR RI bekerjasama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Kaukus Pancasila DPR RI, Yayasan Cahaya Guru, di Gedung Nusantara IV, Parlemen, Jakarta, Rabu (2/5).

Deklarasi bersamaan dengan Festival Pendidikan Pancasila ini juga dihadiri ratusan siswa-siswa dari 12 lembaga pendidikan yang telah melakukan internalisasi Pancasila dalam kegiatan belajar di sekolah masing-masing.

Menurut Zulkifli Hasan, selama 20 tahun, sejak reformasi ini, pelajaran Pancasila mulai hilang. Dulu dikenal ada pelajaran Civic, Pendididikan Moral Pancasila (PMP), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang diajarkan di sekolah-sekolah. “Tentu hal itu tidak bagus untuk ketahanan nasional, untuk wawasan kebangsaan, dan untuk membangun karakter anak-anak muda kita,” kata Zulkilfi Hasan usai deklarasi.

Foto: B.T. Prasetyo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *