Bisnis Sewa Kendaraan Capai Kenaikan 30% Saat Mudik Lebaran

SUARAINDONEWS.COM, Jakarta-PT. Serasi Auto Raya (SERA) merupakan anak perusahaan PT. Astra International Tbk. yang berdiri sejak tahun 1980, selama 28 tahun terus tumbuh dan bertransformasi dari perusahaan jasa penyewaan kendaraan menjadi jasa solusi transportasi yang terintegrasi melalui TRAC-Astra Rent Car dan O-RENZ Taxi, bisnis penjualan kendaraan seken mobil88 dan jasa pengelolaan logistik SELOG.

Ketiga line up bisnis yang diterapkan SERA merupakan solusi transportasi. TRAC-Astra Rent a Car adalah jasa layanan persewaan kendaraan yang memiliki layanan Corporate Rental untuk melayani segmen korporasi dan layanan Individual Rental, segmen perorangan. Kini TRAC-Astra Rent a Car telah mengelola kurang lebih 40.000 unit dengan beragam tipe dari mulai SUV, MPV, hingga bus, serta dibantu oleh lebih dari 5.400 pengemudi.

“Permintaan pada saat Lebaran meningkat minimal 30% jika dibandingkan dengan rata–rata permintaan di bulan lainnya. Jenis mobil yang banyak diminati konsumen di masa menjelang Ramadhan adalah Toyota Avanza dan Toyota Innova bertransmisi manual karena hemat bahan bakar, terutama untuk perjalanan jauh,” ujar Agus Riyadi, Chief Operating Officiar TRAC-Astra Rent a Car ditemui saat acara buka puasa bersama media di Willys Kitchen, hotel Vuranda, Jakarta pada Jumat (18/5).

Transaksi sewa mobil menjelang Ramadhan terbanyak biasanya dicatatkan oleh kota besar seperti Jakarta, diikuti oleh Surabaya dan Bandung. Periode penyewaan kendaraan bagi pemudik biasanya cukup variatif, tapi mayoritas konsumen menyewa kendaraan untuk jangka waktu tujuh hari.

Tren sewa mobil menjelang bulan Ramadhan adalah layanan sewa lepas kunci, yang memungkinkan konsumen menikmati waktu libur bersama keluarga secara lebih private. Mencermati tren tersebut, TRAC-Astra Rent a Car meluncurkan promo paket sewa mobil lepas kunci ‘Ayo Mudik’ dengan harga khusus pemesanan early bird untuk mendapatkan potongan hingga 25% – 30%.

Sementara itu, Halomoan Fischer, President Director Mobil88 menuturkan, “Mobil88 merupakan dealer mobil seken yang melayani kegiatan jual beli mobil seken berkualitas dengan perlindungan garansi dan kenyamanan dalam bertransaksi.”
Menjelang Ramadhan, penjualan mobil seken di mobil88 meningkat kurang lebih 15%, Mobil88 saat ini telah memiliki 20 cabang di 9 kota yang tersebar di Indonesia. Mobil seken yang paling banyak dicari, khususnya menjelang Ramadhan, adalah MPV, diikuti oleh SUV, dan City Car. Untuk memberikan bonus tambahan kepada konsumen, mobil88 mengadakan promo Ramadhan & Lebaran di seluruh cabang selama periode 23 Mei hingga 30 Juni 2018, dalam bentuk cashback.

Untuk mendukung lini bisnisnya SERA mewujudkan IBID-Balai Lelang Serasi. IBID merupakan balai lelang otomotif yang berdiri pada bulan April 2007 yang dapat menyediakan kendaraan seken kepada perusahaan ataupun perorangan dengan sistem lelang.

Objek lelang yang dikelola IBID cukup beragam, mulai dari kendaraan bermotor yaitu mobil (88%) dan motor (7%) serta alat berat, hingga gadget, laptop dan komputer (5%). Objek lelang didominasi oleh mobil (88%), disusul motor (7%), dan gadget (5%).

“Selama tahun 2017, mobil yang paling banyak terjual melalui IBID-Balai Lelang Serasi adalah tipe MPV. Melihat tingginya permintaan, IBID-Balai Lelang Serasi melakukan pembaruan pada website sehingga masyarakat tidak hanya dapat mengikuti lelang secara onsite tetapi juga secara online,” kata Daddy Doxa Manurung, President Director IBID-Balai Lelang Serasi di kesempatan yang sama. (Koes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *