BIN Gelar Rapid Test di Komplek BTN Citius-Kabupaten Tangerang

SUARAINDONEWS.COM, KabupatenTangerang-Badan Intelijen Negara (BIN) menerjunkan 2 Unit Mobil Laboratorium PCR untuk Rapid Test Massal di Komplek BTN Citius, Kelurahan Sukawali, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Senin (22/6/2020). BIN pun menyiapkan 500 alat Rapid Test dan menerjunkan dua unit Mobil Laboratorium PCR untuk Swab Test serta dua unit mobil ambulance.

Mobil laboratorium milik BIN ini dapat melakukan Swab Test yang hasilnya bisa keluar dalam waktu 5 jam. Mobile Laboratorium COVID-19 ini, merupakan laboratorium Biosafety Level 2 (BSL-2) yang bersertifikat internasional pertama di Indonesia. Jika ada yang positif akan dirujuk ke rumah sakit atau isolasi mandiri.

Staf Khusus KaBIN, Mayjend TNI (Purn) Neno Hamriono meninjau langsung kegiatan Rapid Test massal tersebut didamping Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang Dokter Hendra Tarmizi dan Camat Asmawi.

Rapid Test ini merupakan instruksi dari Kepala BIN, Jenderal Pol. (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan sebagai deteksi awal penanganan wabah COVID-19 di Kabupaten Tangerang. Rapid Test massal ini merupakan kerja sama BIN, Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Kabupaten Tangerang.

“Kita mencari kluster-kluster baru di wilayah-wilayah terpencil karena wilayah ini tidak begitu tersentuh. Sehingga kita mendatangkan tim ke tempat ini untuk mencari daerah-daerah yang terjadi penyebaran COVID-19. Harapannya, para peserta tidak ada yang positif,” ujar Neno.

Dan kegiatan uji massal ini merupakan kerja nyata BIN dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Dengan adanya Rapid Test massal ini, BIN dan Pemkab Tangerang dapat mengindetifikasi awal penyebaran COVID-19 di wilayah tersebut.

“Kegiatan ini juga membantu dalam peningkatan target uji massal pemerintah hingga 20.000 testing. Kami harapkan pemerintah daerah yang lain juga bisa membantu dalam mengidentifikasi awal penyebaran wabah ini,” ujar Neno.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang, Dokter Hendra Tarmizi mengapresiasi Rapid Test massal yang dilakukan BIN di Kabupaten Tangerang. Menurutnya, Rapid Test massal ini sangat tepat sebagai langkah awal guna memastikan adanya penyebaran COVID-19 di Kabupaten Tangerang.

Bahkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Kabupaten Tangerang yang pada awalnya akan membawa 50 spesimen PCR tes yang sudah dilakukan di beberapa puskesmas di kabupaten tersebut ke Jakarta. Tetapi karena adanya kegiatan ini maka hasilnya akan kami bawa ke sini saja. Dan bantuan BIN ini diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia, pungkas Dokter Hendra.

(ck; foto ist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *