Bertolak ke Makkah, Jemaah Haji Indonesia Diminta Jaga Stamina

SUARAINDONEWS.COM, Madinah-Sebanyak 6.084 jemaah haji Indonesia dari 15 kloter terakhir asal Indonesia yang berada di Madinah berangkat ke Mekkah, pada Selasa (7/8/2018). Pelepasan jemaah haji dihadiri oleh Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Nizar Ali.

“Mudah-mudahan mendapat kemudahan, kelancaran, dan dapat menjalankan umrah wajib dengan sempurna dan saat puncak haji dapat melaksanakan sempurna, semoga jadi haji mabrur,” ucap Nizar di Hotel Rehab Al Masi, Madinah, Selasa, (7/8/2018).

Dalam pelepasan kloter terakhir 09 Palembang yang berjumlah 443, Nizar berpesan kepada seluruh jemaah yang berangkat ke Makkah agar menjaga kesehatan. Sehingga stamina jemaah tetap terjaga baik.

Selain itu, jemaah juga diminta tak menghabiskan tenaga untuk menjalankan umrah sunnah. “Itu bisa dilakukan setelah puncak haji,” lanjutnya.

Nizar juga menyarankan agar antarjemaah haji dapat saling tolong-menolong. Dia berharap kasus jemaah yang terpisah dari rombongan tak dapat terjadi dengan saling menjaga.

“Jangan segan-segan meminta pertolongan kepada petugas. Ada, petugas yang akan membantu di setiap sektor dan hotel jangan ragu kalau butuh petolongan kami siap,” ujarnya.(Bams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *