Alumni SMPN 2 Cisewu 1 Talegong Hijaukan Kembali Kawasan Hutan Lindung Gunung Cantigi

SUARAINDONEWS.COM, Garut-Mencegah kemungkinan bencana alam yang mungkin terjadi dan juga sekaligus menghijaukan kembali kondisi Kawasan Hutan Lindung Gunung Cantigi di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Ikatan Alumni SMPN 2 Cisewu-1 Talegong, bersama Para Muspika kecamatan Talegong dan berbagai elemen masyarakat Talegong secara bersama sama melakukan penanaman 3.500 pohon di Kawasan Hutan Lindung Gunung Cantigi tersebut.

“Ini adalah semangat dan gerakan yang luar biasa dimana pelajar dan masyarakat telah sadar dan bahu membahu dalam melestarikan lingkungannya. Dan sebagai aparat Pemerintah Daerah akan selalu mendukung dalam kegiatan-kegiatan positif seperti ini,” jelas Camat Talegong di sela-sela penanaman pohon.

Masuknya musim penghujan saat ini maka resiko bencana alam, khususnya banjir dan tanah longsor pun kerap mengintai masyarakat yang khususnya tinggal di kawasan pedesaan dan di kaki gunung, seperti di Kawasan Hutan Lindung Gunung Cantigi.

Oleh karena itu, melihat kondisi Gn.Cantigi yang sangat mengkhawatirkan, Ikatan Alumni SMPN 2 Cisewu 1 Talegong memiliki harapan besar agar Gn. Cantigi yang masuk dalam Kawasan Hutan Lindung kembali berfungsi sebagai sumber kehidupan bagi masyarakat sekitarnya yakni sebagai sumber air. Disamping mengurangi resiko rencana tanah longsor seperti yang pernah terjadi beberapa waktu lalu, jelas Teh Yani, Ketua Pelaksana Reboisasi Gn. Cantigi.

(tjo; foto ist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *