30 Tahun Purwa Caraka Musik Studio Berkiprah Hadirkan Jessie Heinz, Jane dan Konser 3 Dekade

SUARAINDONEWS.COM, Jakarta-Amazinggg … begitulah kiranya ungkapan yang dapat mempresentasikan Musically Journey dari perjalanan usia satu generasi (30 tahun) Purwa Caraka Musik Studio bagi bangsa Indonesia yang dijalankannya dengan mengalir, berdikari, penuh komitmen, meski masih minimnya campur tangan pemerintah terhadap potensi dan pengembangan musik di negara ini.

Perjalanan selama 30 tahun tersebut, toh diakui Purwa Caraka atau akrab dipanggil Kang Purwa, Purwa Caraka Musik Studio tetap dibangun, dijalankan dan didedikasikan bagi pengembangan bakat bakat musik anak anak Indonesia. Tentunya melalui standar kompetensi program musik yang teruji yang ada di cabang – cabang Purwa Caraka Musik Studio yang tersebar dimana-mana.

Terbukti sejumlah artis musik lahir dari Purwa Caraka Musik Studio, seperti diantaranya Afgan Syahreza, Rossa, Marcell dan sebagainya. Bahkan tak sedikit yang justeru bersinar dari kancah festival-festival musik regional maupun international. Seperti diketahui tahun 2018 ini, Purwa Caraka Music Studio berhasil mendapatkan 6 Distinction Gold Awards, 31 Gold Awards, 13 Silver Awards dan sekaligus menjadi 1st Runner Up in Music Category dalam ajang Asia Pacific Arts Festival di Kuala Lumpur, Malaysia. Dimana Distinction Golds Awards (merupakan penghargaan yang diberikan kepada peserta vokal yang mendapatkan nilai diatas 90) diberikan kepada Jessie Heinze.

Asia Pacific Arts Festival merupakan ajang festival seni yang diadakan oleh sebuah lembaga yang berkedudukan di Singapura dan bertujuan untuk mewujudkan harmoni, perdamaian dan persahabatan global melalui beragam kompetisi kebudayaan dan pertunjukan seni, yang di gelar 26-29 Januari 2018 kemarin di Help College of Arts & Technology, Kuala Lumpur. Malaysia.

Sebuah kompetisi tingkat Asia Pasific yang diselengarakan Transinex Singapore yang diikuti oleh beberapa negara seperil China, Hongkong, Korea. Malaysia, Philipina, Singapura, Vietnam, Kamboja, Brunei dan Indonesia.

Pada Asia Pacific Arts Festival 2018 di Kuala Lumpur tersebut Purwa Caraka Music Studio memberangkatkan 62 siswa yang terdiri dari siswa-siswi Purwa Caraka Music Studio dari cabang Jabodetabek, Banjarmasin, Balikpapan. Palembang dan Jogjakarta yang membawakan beragam jenis tampilan musik dari mulai vokal, piano, biola, gitar dan drum.

Dan untuk menandai 3 Dekade Purwa Caraka Music Studio, Kang Purwa pun berkeinginan untuk menjadikan sepanjang tahun 2018 sebagai tahun yang harus diisi dengan sejumlah kegiatan yang menunjukkan prestasi Purwa Caraka Music Studio serta penghargaan bagi insan musik Indonesia.

Seperti 7 – 10 Februari 2018, Purwa Caraka Music Studio akan memberangkatkan siswa-siswinya berkompetisi di Siam Reap, Kamboja. Kompetisi dari beberapa kategori yaitu Performance Type (Instrumental, Vocal & Dance); Performance Category (Solo, Duet, Trio dan Quartet, Small Group, Large Group) untuk usia 6 – 80 tahun.

Selanjutnya 31 Maret 2018, Final Festival Drum PCMS Se-Indonesla. Sebuah kompetisi yang diikuti Siswa/i Purwa Caraka Music Studio dari seluruh indonesia dan sebagai sarana pencarian bakat terbaik di Divisi Drum. Kompetisi ini terbagi menjadi 3 kategori, yaitu: Kategori A (6 tahun – 10 tahun); Kategori B (11-15 tahun) ; dan Kategori C (16 tahun ke atas).

Lalu memasuki Juli 2018, ada Lomba Design Logo Purwa Caraka Music Studio. Dimana Purwa Caraka Music Studio ingin membuat logo baru yang lebih berwarna, dinamis dan lebih modern. Tapi tetap tidak menghilangkan ciri dari Purwa Caraka Music Studio. Kemudian di 21 Juli 2018 Konser Purwa Caraka Music Studio Choir di Gedung Kesenlan Jakarta.

Purwa Caraka Music Studio Choir dibentuk pada tahun 2007 dan dibina khusus oleh Kantor Pusat Purwa Caraka Music Studio untuk memastikan tercapainya standard pembinaan yang terbaik. Anggotanya merupakan Siswa/i Purwa Caraka Music Studio yang berada di wiiayah Jabodetabek dan telah melalui seleksi. Purwa Caraka Music Studio Choir terbagi menjadi 2 bagian yakni Purwa Caraka Music Studio Children Choir dan Purwa Caraka Music Studio Youth Choir. Dan Purwa Caraka Music Studio Choir telah banyak berpartisipasi serta menorehkan penghargaan di ajang festival maupun kompetisi di tingkat internasional.

Berikutnya, di bulan September-Oktober 2018, mengadakan Lomba Cover Jingle Purwa Caraka Music Studio. Hal ini dilakukan untuk melibatkan generasi muda kreatif di bidang musik dalam ajang lomba cover jingle Purwa Caraka Music Studio yang berjudul “Cerdas Bersama Musik”.

Namun di 1 Oktober 2018, ada dua acara penting dari Purwa Caraka Music Studio yakni Pembukaan Time Capsule dan Gala Dinner. Dimana pembukaan Time Capsule yang telah dikuburkan kurang lebih sekitar 8 tahun itu berisi sebuah harapan harapan tentang Purwa Caraka Music Studio di masa yang akan datang dari para Owner, investor dan Branch Manager Purwa Caraka Music Studio seluruh Indonesia.

Sementara Gala Dinner sebagai ajang konferensi para owners, investor dan Branch Manager Purwa Caraka Music Studio seluruh Indonesia. Sekaligus pemberian Awarding yang merupakan suatu bentuk penghargaan Purwa Caraka Music Studio kepada individu-individu dan pihak~pihak yang berperan penting dalam perjalanan Purwa Caraka Music Studio dan dunia pendidikan musik di lndonesia.

Dan puncak kegiatan Purwa Caraka Musik Studio yakni gelaran “Konser 3 Dekade” di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, tepat 30 Tahun didirikannya Purwa Caraka Musik Studio (3 November 2018). Dengan diiringi orchestra siswa-siswi Purwa Caraka Music Studio yang di arranger langsung oleh Purwa Caraka, mengangkat tema musik tahun 80-9Oan. Sekaligus menampilkan kilas balik perjalanan Purwa Caraka Music Studio selama 30 tahun kebelakang. Dan tentunya dikemas secara megah dengan melibatkan tata panggung, tata suara serta tata cahaya berkuaiitas sebagai persembahan dari penampilan yang terbaik Purwa Caraka Musik Studio.

(tjo; foto yok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *