1.500 Pesilat Catat Rekor MURI

Jakarta-Sebanyak 1.500 Pesilat mencatat Rekor MURI Pesilat Terbanyak Jurus Tunggal Tangan Kosong IPSI dalam ajang Kejuaraan Pencak Silat Merpati Putih (MP) Open 2019 di GOR Ciracas, Jakarta, Sabtu (4/5/2019).

Pencatatan Rekor MURI yang dilakukan 1.500 peserta dari 26 perguruan pencak silat merupakan puncak acara MP Open yang berlangsung sejak 1 Mei, dan diikuti 1.615 atlet dari dalam dan luar negeri.

“Kita hadirkan seluruh pesilat untuk terlibat dalam pemecahan rekor MURI ini, sehingga potensi silat di tanah air semakin meningkat, dan menambah pengetahuan tentang perguruan merpati putih,” kata Ketua Panitia, Abdul Kharis Almasyhari.

Ketua Komisi I DPR RI ini menilai, melalui perhelatan MURI ini, silat Indonesia semakin dikenal secara luas dan banyak diminati oleh generasi muda di masa depan.

“Silat ini merupakan olahraga tradisional Indonesia yang harus dipertahankan, apalagi silat bisa memberikan prestasi bagi Indonesia melalui kejuaraan-kejuaraan,” katanya.

Sedangkan Pewaris MP Nehemia Budi Setyawan, mengatakan MP Open ini, sangat positif bagi perguruan untuk mempererat silaturahmi antar perguruan silat, karena diikuti lebih dari 26 perguruan silat. Penyelenggaraan MP Open 2018 ini, kata dia, merupakan satu kehormatan dan memiliki gengsi.

“Atlet-atlet sekelas Pelatda mau turun di kejuaraan ini . Jadi ini kegiatan yang cukup diperhitungkan oleh perguruan silat. Saya juga mengapresiasi dukungan dari tiga matra TNI baik darat, laut dan udara demi menyukseskan acara ini, ” ungkap mas Hemi sapaan akrab Pewaris Merpati Putih.

MP Open 2019 memperebutkan Piala Panglima TNI tampil sebagai Juara Umum untuk Kategori Dewasa Prestasi Kontingen Pelatda DKI A dengan 7 emas dan 2 perak. Urutan kedua PPOP DKI Jakarta (3 emas, 1 perak); ketiga PPLD NTT (2 emas 1 perak dan 1 perunggu).

Atas prestasi ini Pelatda DKI Jakarta A mendapatkan Piala Bergilir Panglima TNI uang pembinaan sebesar Rp15 juta dan Piala tetap KSAD.

Pesilat dewasa putra terbaik diraih Ronaldo Neno pesilat kelas F Putra PPLD NTT. Ronaldo Neno berhak menerima piala tetap Kepala Staf TNI AU dan uang pembinaan Rp2,5 juta.

Pesilat terbaik dewasa putri diraih Widya Faranisa pesilat kelas A putri dari PPO DKI Jakarta yang berhak menerima piala tetap Kepala Staf TNI AL dan uang pembinaan Rp2,5 juta. Untuk piala tetap Kepala Staf TNI AD juga diberikan kepada juara umum II dan III.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Masukan angka : *